PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. KOMATSU REMANUFACTURING ASIA DI BALIKPAPAN

TRI NINGSIH FATMAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT.Komatsu Remanufacturing Asia di Balikpapan

Permasalahan penelitian ini apakah keselamatan dan kesehatan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan , apakah secara parsial terdapat pengaruh antara keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada PT. Komatsu Remanufacturing Asia di Balikpapan, dengan demikian hipotesis yang diujikan diterima.

Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pada PT. Komatsu Remanufacturing Asia diBalikpapan menunjukan bahwa variabel keselamatan dan kesehatan kerja secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan PT.Komatsu Remanufacturing Asia diBalikpapan, dan secara bersama-sama variabel keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan PT.Komatsu Remanufacturing Asia diBalikpapan.

Keywords


Keselamatan dan kesehatan kerja, produktivitas kerja

Full Text:

PDF

References


Anonim ,peraturan Menteri tenaga kerja nomor :PER.05/MEN/1996,sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja

Eddy harjanto, 2007 .Manajemen operasi .Jakarta : Grasindo

Riyanto, 1986 produktivitas dan Tenaga kerja Jakarta : Erlangga

Handoko T Hani ,2003. Manajemen .Yogyakarta. BPFEYogyakarta

Soedirman & Suma’mur, 2014. Kesehatan Kerja Dalam Persfektif Hiperkes & Keselamatan Kerja. Jakarta : Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i2.3518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.