ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. PERDANA KARYA PERKASA TBK

Febriyantir Noor Noor

Abstract


FEBRIYANTI NOOR,2016,Analisis Kinerja Keuangan PT. Perdana Karya Perkasa Tbk. Dibawah bimbingan Ibu Titin Ruliana dan Ibu Mardiana

 

            Pada umumnya perusahaan didirikan tujuan utama untuk memperoleh laba dan membuat perusahaan dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Untuk mendapatkan gambaran jelas keberadaan perusahaan maka perlu dilakukan analisis internal dan ekstrnal sehingga dapat ditentukan pilihan kebijakan atau strategi apa yang dilakukan baik itu dalam tahun berjalan maupun rencana masa yang akan datang.

            Kinerja suatu perusahaan berhubungan dengan bagaimana suatu perusahaan mengelola sumber daya yang dimiliki dalam menghasilkan keuantungan yang akan meningkatkan kemakmuran perusahaan. Kinerja tidak hanya sekedar malasah laba yang besar saja tetapi juga berhubungan dengan efektifnya suatu perusahaan dalam mengelola bisnisnya.

            Rasio keuangan berguna untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan keuangan suatu perusahaan. Dengan  rasio keuangan memungkinkan investor menilai kondisi keuangan dan haasil operasi perusahaan san ini dan masa lalu. Perhitungan rasio ini sangat penting bagi pihak investor yang ingin menilai laporan keuangan suatu perusahaan.

            Penilaian terhadap rasio keuangan perusahaan dilakukan dengan menganalisis menggunakan likuiditas,solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas. Analisis rasio ini berguna pula bagi pihak perusahaan untuk membantu manajer dalam membuat evaluasi mengenai hasil operasi, memperbaiki kesalahan yang terjadi akibat penyimpangan atas rencana yang telah disusun dan menghindari hal-hal lain yang bersifat merugikan perusahaan.

       Kinerja keuangan juga digunakan sebagai pedoman bagi investor mengenai kinerja masa lalu dan masa mendatang yang dapat dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan investasinya. Adapun tujuan dari penelitian  ini ialah untuk mengetahui Kinerja Keuangan dilihat dari ratio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas yang dihasilkan PT. Perdana Karya Perkasa Tbk.


Keywords


Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Baridwan Zaki.2002.Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur Metode. Penerbit BPFE: Yogyakarta

Mulyadi. 2004. Sistm Akuntansi. Edisi Kesembilan. Sekolah Tinggi Hukum Ekonomi. YKPN: Yogyakarta

Sartono, Agus. 2002. Manajemen Keuangan. Edisi Ketiga, Cetakan Keempat.BPFE, Universitas Gajah Mada: Yogyakarta

Sofyan S, Harahap. 2004. Analisis Praktis Atas Laporan Keauangan, Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Bumi Aksara: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i2.3525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.