PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE (CITRA PRODUK) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS PENGGUNA KARTU PERDANA SIMPATI DI KECAMATAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA

Ganda Ganda Firdaus

Abstract


Ganda Firdaus : Pengaruh Promosi, Dan Brand Image (Citra Produk), Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pengguna Kartu Perdana Simpati Di Kecamatan Sambutan Kota Samarinda.

Ibu Theresia Militina sebagai Pembimbing I, dan bapak Sarwo Edi sebagai Pembimbing II.

Seiring perkembangan teknologi komunikasi melalui smartphone banyak membuat provider-provider yang menyediakan jasa yang mampu mendukung akses berinternet dengan jaringan yang cepat dan stabil. Pentingnya akan kebutuhan teknologi komunikasi membuat persaingan diantara 3 Operator terbaik seperti XL, Telkomsel, dan Indosat. Telkomsel merupakan provider yang menjuarai persaingan dengan total pelanggan terbanyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan brand image secara langsung terhadap loyalitas atau secara tidak langsung melalui kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen.

Populasi dari penelitian ini adalah konsumen pengguna kartu perdana telkomsel simpati di kecamatan Sambutan kota Samarinda. Karena jumlah populasi yang tidak diketahui maka dilakukan penentuan sample menggunakan formula lemeshow dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 384 orang. Penelitian ini dilakuka dengan menggunakan alat analisis jalur (path analysis) dengan alat bantu perhitungan statistik SPSS.23. Kemudian untuk pengujian digunakan uji t dan uji F.   

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Promosi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. 2. Brand image secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. 3. Promosi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan 4. Brand image secara langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan 5. Kepuasan konsumen secara langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan 6. Promosi melalui kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan nilai signifikan tidak lebih besar daripada pengaruh langsung antara promosi terhadap loyalitas pelanggan 7. Brand image melalui kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan nilai signifikan tidak lebih besar daripada pengaruh langsung antara brand image terhadap loyalitas pelanggan


Keywords


promosi, brand image, kepuasan konsumen, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro.

________Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks, Jakarta.

Nidjo Sandjojo, 2011. Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya, Cetakan Pertama. Jakarta, Penerbit Pustaka Sinar Harapan.

Amanah, Dita. 2011. "Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan", Jurnal Keuangan dan Bisnis, Universitas Negeri Medan.

Romadhoni, Muhammad. 2015. "Pengaruh citra merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan pembelian sepatu nike Pada mahasiswa fik uny", skripsi fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyawan, Bagus Dwi. 2013. "Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening", Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

www.Tarif Kartu Simpati.http// Google.com

http://galigujis.blogspot.co.id/2012/12/pengaruh-harga-dan-promosi-penjualan.html

http://raja-jaringan.blogspot.co.id/2011/12/pengetahuan-akan-4g-di-indonesia.html




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v7i2.3553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.