FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH KURSUS MENGEMUDI MOBIL DELTA DI KOTA SAMARINDA

Giang Giang Giang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan wujud fisik terhadap keputusan konsumen memilih kursus mengemudi mobil Delta di kota Samarinda, dan mengetahui faktor yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen memilih kursus mengemudi mobil Delta di kota Samarinda. 

              Sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 responden, teknik pengambilan sampel adalah acidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda di bantu program SPSS. Teori yang digunakan adalah  teori pemasaran dan perilaku konsumen termasuk teori tentang keputusan membeli.

              Hasil analisis menunjukkan persamaan fungsi dari Y =0,675+ 0,109X1 + 0,494X2 + 0,116X3 – 0,053X4 + 0,265X5 +0,038X6 – 0,155X7. Nilai R (Koefesien korelasi ). diperoleh 45,4% dan nilai R square diperoleh 20,6%.               

Pengujian hipotesis secara serentak (Uji F) berdasar tabel anova menunjukkan nilai signifikan pada tabel anova 0,0091< 0,10 yang berarti ke 7 variabel yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik secara serentak berpengaruh signifikan bernilai positif terhadap keputusan konsumen (Y). Sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.

                Dari variabel 7P produk, harga, promosi, tempat, orang proses dan bukti fisik. variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen ialah variabel promosi dan variabel harga, Variabel yang berpengaruh dominan adalah promosi.   penulis menyarankan agar Delta dapat berpromosi lebih luas lagi misalnya melalui sosial media, website resmi, membuka cabang di tempat lain serta mempertahankan kualitas yang sudah melekat sebagai image Delta.


Keywords


Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2005, Dasar-Dasar Bisnis dan Pemasaran, cetakan ke 3, Alfa beta, Bandung

Lovelock and Wrighat 2002, Frinciples Of Service Marketing and Managemen 2 Edisen, Prentice Hall.

Boom dan Bitner, 2000 Marketing Strategis and Organizational Structures For Service Firms in Marketing Of Service, American Marketing Association, Chicago.

Kotler, Philip, 2005, Marketing Management. The Millenium Edition. Prentice Hall International, in. New Jersey

Gaspersz, Vincent. (2002) Pedoman Implementasi Program Six Sigma. Jakarta Gramedia Pustaka Utama.

Adrian, Payne, (2002) Pemasaran Jasa, The Essence Of Service Marketing, Andi Yogyakarta.

Sugiyono, 2008. Statistika Untuk Penelitian, Edisi Revisi Terbaru, cetakan Ketigabelas, Alfabeta, Bandung.

Husein Umar (200).Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i2.3575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.