PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR BePeDe KUTAI SEJAHTERA CABANG BARONG TONGKOK

Habibur Rahman -

Abstract


Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR BePeDe Kutai Sejahtera Cabang Barong Tongkok.(dibawah Bimbingan Dosen Pembimbing I, Eddy Soegiarto K dan Dosen Pembimbing II, Rina Masithoh Haryadi).

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Tangible (bentuk fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (kepastian/jaminan) serta Emphaty (empati) terhadap Kepuasan Nasabah PT. BPR BePeDe Kutai Sejahtera Cabang Barong Tongkok.Fokus dari penelitian ini dalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel-variabel tersebut terhadap kepuasan nasabah.

Populasi penelitian yang digunakan peneliti adalah seluruh nasabah kredit (debitur) PT. BPR BePeDe Kutai Sejahtera Cabang Barong Tongkok.Sampel penelitian sebanyak 89 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tangible, reliability, responsiveness, assurance, serta emphaty secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.


Keywords


Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Anonim, Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan ........Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Husein Umar, 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 2. -------Cetakan 13. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management. 14th, Person Education.

------- 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Alih bahasa Bob Sabran. -------Jakarta: Penerbit Erlangga.

Reicheld dan Sasser, Ainun Jariah. 2013. Zero Defections: Quality Comes To -------Services. Harvard Business Review, 68(5), p.105-11.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen, Cetakan Keempat. Bandung: cccccCV. ALFABETA.

------- 2009. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v7i4.3930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.