PENGENDALIAN PERSEDIAAN PUPUK JENIS TRIPLE SUPER PHOSPHATE (TPS) PADA PT. BUMI TANI SUBUR SAMARINDA TAHUN 2016

Tri - Edy

Abstract


Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang penggunaan metode Economic Order Quantity(EOQ) dalam mengendalikan persediaan pupuk jenis Triple Super Phosphate (TSP) di perusahaan PT.BUMI Tani Subur.

Hasil penelitian  didapatkan persediaan optimal pupuk jenis TSP menggunakan metode EOQ sebesar 105.281 kg dengan frekuensi pembelian sebanyak 28 kali, safety stock sebesar 469.416 kg dan ROP dilakukan pada saat pupuk di gudang sebesar 960.000 kg.

Simpulan dari penelitian ini adalah perhitungan menggunakan metode EOQ pada pupuk jenis TSP lebih efisien dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini terlihat dari hasil perbandingan yang lebih efisien menggunakan metode EOQ sehingga mampu menghemat biaya dan mampu menambah keuntungan. Saran yang dianjurkan bagi manajemen PT. Bumi Tani Subur adalah untuk menggunakan metode EOQ dalam proses pengendalian bahan baku perusahaan.


Keywords


Economic Order Quantity (EOQ), PersediaanBahan Baku, Safety Stock (SS), Reorder Point (ROP).

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan (2009). Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi Lembaga Penerbit Fakutas Ekonomi Universitas Indonesia.

Haming, Murdifin dan Nurnajamuddin.2007. Manajemen Porduksi Modern. Jakarta: PT Bumi Aksara

Handoko, T. Hani. 2000. Dasar – dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFF.

Indrajit, R.E dan R. D Pranoto. 2003: Manajemen Persediaan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v8i2.4209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.