KAJIAN PEMBERIAN KREDIT MODAL DI BANK TABUNGAN NEGARA CABANG SAMARINDA

Aji Arie Wardhana Hakim

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis diskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kebijakan bank BTN cabang Samarinda dalam mengkaji permohonan kredit yang diajukan oleh calon nasabah dan untuk mengetahui seberapa jauh peranan analisa laporan keuangan dalam pengambilan keputusan atas permohonan kredit dan penerapan prinsip pemberian kredit yaitu 5C dan 7P. Alat analisis yang digunakan dalam pemberian kredit modal adalah dengan perhitungan rasio keuangan yang terdiri dari likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas.

Hasil kajian tersebut dapat menentukan apakah permohonan kredit yang diajukan layak atau tidak layak diberikan oleh bank BTN setelah melalui adanya ketentuan-ketentuan yang diberlakukkan kepada nasabah sesuai keadaan sebenarnya dan memenuhi semua aspek, dan pihak bank juga melihat letak bangunan apakah strategis atau tidak. Dari teknik penilaian kredit modal yaitu rasio keuangan yang diterapkan dengan jaminan ditaksir (dinilai) oleh bank BTN 80% saja dan batas plafon adalah 80%. Dengan ketetapan angsuran maksimal 25% dari laba perusahaan. Dan pihak bank BTN juga menerapkan prinsip 5C yang terdiri dari Character, Capacity, Capital, Colleateral, Condition dan prinsip 7P yang terdiri dari Personality, Party, Purpose, Prospect, Payment, Profitability dan Protection.


Full Text:

PDF DOC

References


Agus R, Sartono, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi 4, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta, 2001.

Baridwan Zaki, 2000, Intermediate Accounting, Edisi Kesembilan, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Eugene F Brigham And ,Joel F, Weston. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Ismail. 2011. Akuntansi Bank, Teori dan Aplikasi dalam Rupiah. Penerbit : Kencana, Prenada group. Jakarta. Cetakan Kedua

Manduh Hanafi. 2000. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Penerbit UPP AMP YPKN. Yogyakarta

Kasmir. 2002. Dasar – dasar Perbankan. Penerbit : Raja Grafindo Persada, divisi perguruan tinggi. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v1i1.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.