ANALISA PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 - 2015

Danis Dirga Bangkit Astrada

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap harga saham perusahaan pertambangan di BEI tahun 2011 – 2015.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengambil dari 29 perusahaan pertambangan, didapatkan 4 sample yang sesuai dengan kriteria. Pengujian statistik menggunakan program spss 23.00.

Hasil penelitian secara simultan menujukan bahwa variabel tidak berpengaruh signifikan. Secara parsial menunjkan bahwa variable ROA berpengaruh signifikan terhadap harga saham, ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham,dan EPS tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Keywords


Profitabilitas, Harga, Saham

Full Text:

PDF PDF

References


Freddy Rangkuti. 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan Ikatan Akuntansi Indonesia. 2004. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi II. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sartono, Agus. 2001, Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi, ed. Keempat, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Tandelilin, Eduardus 2001, Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, ed.Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Van Horne, James C. dan Jhon M. Wachowicz. _____. Fundamental of Financial Management, 12th ed. Prentice-Hall Inc. Diterjemahkan oleh Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, buku 1, edisi 12. Jakarta: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v8i4.4262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.