LOYALITAS KONSUMEN PRODUK OLI PELUMAS ENDURO 4T PERTAMINA LUBRICANTS DIKAITKAN DENGAN BRAND IMAGE DAN HARGA DI SANGATTA UTARA (Studi Empiris Pengguna Oli di Sangatta Utara)

Prana Qadar Ramadhan Putra

Abstract


PRANA QADAR RAMADHAN PUTRA, Loyalitas konsumen produk oli pelumas enduro 4T Pertamina Lubricants dikaitkan dengan brand image dan harga di Sangatta Utara di bawah bimbingan Ibu Theresia Militina sebagai pebimbing I dan Ibu Aidar Erika Toding sebagai pebimbing II.

Penelitian ini fokus pada pengaruh citra merek dan harga pada produk oli pelumas Enduro 4T dari PT Pertamina Lubricants (Persero) karena PT. Pertamina Lubricants (Persero) merupakan  salah  satu  perusahaan  yang  memiliki  produk-produk  unggulan, terlebih karena PT Pertamina Lubricants (Persero)   merupakan satu-satunya produk nasional di bisnis ini. Dari hasil pengamatan,  Enduro 4T terkenal sebagai  merek  oli motor  4 tak  yang  diakui memiliki kualitas  dibandingkan oli motor  4 tak merek  lainnya.  

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk : 1) Mengetahui   pengaruh   citra   merek   pada pembagian dimensi   citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image), citra produk (product image), dan harga (price) terhadap loyalitas konsumen produk oli pelumas PT Pertamina Lubricants (Persero) Enduro 4T di Sangatta. 2) Mengetahui faktor yang dominan dari citra merek dan harga yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk oli pelumas Enduro 4T  PT Pertamina Lubricants (Persero) di Sangatta

Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis loyalitas konsumen menggunakan program SPSS dengan analisis regresi linear berganda.

Hasil analisis menyebutkan pada hasil analisis regresi linear berganda terhadap loyalitas pengguna Enduro 4T di Sangatta Utara yaitu  Y = 3,089 + 0,253 X1+ 0,103 X2 - 0,002  X3 - 0,006 X4 + e dapat diketahui yang berpengaruh signifikan pada loyalitas pengguna oli Enduro 4T variabel Citra Perusahaan (X1) dengan nilai signifikan 0,03 < 0,05, sedangkan variabel citra pemakai berpengaruh namun tidak signifikan sedangkan, citra merek, dan harga berpengaruh negatif terhadap loyalitas pengguna oli enduro 4T.

PRANA QADAR RAMADHAN PUTRA, Loyalitas konsumen produk oli pelumas enduro 4T Pertamina Lubricants dikaitkan dengan brand image dan harga di Sangatta Utara di bawah bimbingan Ibu Theresia Militina sebagai pebimbing I dan Ibu Aidar Erika Toding sebagai pebimbing II.

Penelitian ini fokus pada pengaruh citra merek dan harga pada produk oli pelumas Enduro 4T dari PT Pertamina Lubricants (Persero) karena PT. Pertamina Lubricants (Persero) merupakan  salah  satu  perusahaan  yang  memiliki  produk-produk  unggulan, terlebih karena PT Pertamina Lubricants (Persero)   merupakan satu-satunya produk nasional di bisnis ini. Dari hasil pengamatan,  Enduro 4T terkenal sebagai  merek  oli motor  4 tak  yang  diakui memiliki kualitas  dibandingkan oli motor  4 tak merek  lainnya.  

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk : 1) Mengetahui   pengaruh   citra   merek   pada pembagian dimensi   citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image), citra produk (product image), dan harga (price) terhadap loyalitas konsumen produk oli pelumas PT Pertamina Lubricants (Persero) Enduro 4T di Sangatta. 2) Mengetahui faktor yang dominan dari citra merek dan harga yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk oli pelumas Enduro 4T  PT Pertamina Lubricants (Persero) di Sangatta

Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis loyalitas konsumen menggunakan program SPSS dengan analisis regresi linear berganda.

Hasil analisis menyebutkan pada hasil analisis regresi linear berganda terhadap loyalitas pengguna Enduro 4T di Sangatta Utara yaitu  Y = 3,089 + 0,253 X1+ 0,103 X2 - 0,002  X3 - 0,006 X4 + e dapat diketahui yang berpengaruh signifikan pada loyalitas pengguna oli Enduro 4T variabel Citra Perusahaan (X1) dengan nilai signifikan 0,03 < 0,05, sedangkan variabel citra pemakai berpengaruh namun tidak signifikan sedangkan, citra merek, dan harga berpengaruh negatif terhadap loyalitas pengguna oli enduro 4T.

Keywords


Brand Image, Harga, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Public Relation Konsep dan Aplikasinyadi Indonesia. PT Utama Grafiti.

Kotler & Amstrong, and Gary, 2011. Prinsip- prinsip Pemasaran. Jilid 2, Edisi 13, Penerbit. Erlangga.

_________, 2011. Manajemen Pemasaran, Jilid 4. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

_________, 2012. Manajemen Pemasaran , Edisi kelimabelas, Jilid satu. Alih Bahasa Benyamin Molan; Indeks, Jakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung; Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 2; CV. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v8i5.4410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.