LOYALITAS KONSUMEN PRODUK OLI PELUMAS ENDURO 4T PERTAMINA LUBRICANTS DIKAITKAN DENGAN BRAND IMAGE DAN HARGA DI SANGATTA UTARA (Studi Empiris Pengguna Oli di Sangatta Utara)
Abstract
PRANA QADAR RAMADHAN PUTRA, Loyalitas konsumen produk oli pelumas enduro 4T Pertamina Lubricants dikaitkan dengan brand image dan harga di Sangatta Utara di bawah bimbingan Ibu Theresia Militina sebagai pebimbing I dan Ibu Aidar Erika Toding sebagai pebimbing II.
Penelitian ini fokus pada pengaruh citra merek dan harga pada produk oli pelumas Enduro 4T dari PT Pertamina Lubricants (Persero) karena PT. Pertamina Lubricants (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang memiliki produk-produk unggulan, terlebih karena PT Pertamina Lubricants (Persero) merupakan satu-satunya produk nasional di bisnis ini. Dari hasil pengamatan, Enduro 4T terkenal sebagai merek oli motor 4 tak yang diakui memiliki kualitas dibandingkan oli motor 4 tak merek lainnya.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk : 1) Mengetahui pengaruh citra merek pada pembagian dimensi citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image), citra produk (product image), dan harga (price) terhadap loyalitas konsumen produk oli pelumas PT Pertamina Lubricants (Persero) Enduro 4T di Sangatta. 2) Mengetahui faktor yang dominan dari citra merek dan harga yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk oli pelumas Enduro 4T PT Pertamina Lubricants (Persero) di Sangatta
Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis loyalitas konsumen menggunakan program SPSS dengan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis menyebutkan pada hasil analisis regresi linear berganda terhadap loyalitas pengguna Enduro 4T di Sangatta Utara yaitu Y = 3,089 + 0,253 X1+ 0,103 X2 - 0,002 X3 - 0,006 X4 + e dapat diketahui yang berpengaruh signifikan pada loyalitas pengguna oli Enduro 4T variabel Citra Perusahaan (X1) dengan nilai signifikan 0,03 < 0,05, sedangkan variabel citra pemakai berpengaruh namun tidak signifikan sedangkan, citra merek, dan harga berpengaruh negatif terhadap loyalitas pengguna oli enduro 4T.PRANA QADAR RAMADHAN PUTRA, Loyalitas konsumen produk oli pelumas enduro 4T Pertamina Lubricants dikaitkan dengan brand image dan harga di Sangatta Utara di bawah bimbingan Ibu Theresia Militina sebagai pebimbing I dan Ibu Aidar Erika Toding sebagai pebimbing II.
Penelitian ini fokus pada pengaruh citra merek dan harga pada produk oli pelumas Enduro 4T dari PT Pertamina Lubricants (Persero) karena PT. Pertamina Lubricants (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang memiliki produk-produk unggulan, terlebih karena PT Pertamina Lubricants (Persero) merupakan satu-satunya produk nasional di bisnis ini. Dari hasil pengamatan, Enduro 4T terkenal sebagai merek oli motor 4 tak yang diakui memiliki kualitas dibandingkan oli motor 4 tak merek lainnya.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk : 1) Mengetahui pengaruh citra merek pada pembagian dimensi citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image), citra produk (product image), dan harga (price) terhadap loyalitas konsumen produk oli pelumas PT Pertamina Lubricants (Persero) Enduro 4T di Sangatta. 2) Mengetahui faktor yang dominan dari citra merek dan harga yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk oli pelumas Enduro 4T PT Pertamina Lubricants (Persero) di Sangatta
Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis loyalitas konsumen menggunakan program SPSS dengan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis menyebutkan pada hasil analisis regresi linear berganda terhadap loyalitas pengguna Enduro 4T di Sangatta Utara yaitu Y = 3,089 + 0,253 X1+ 0,103 X2 - 0,002 X3 - 0,006 X4 + e dapat diketahui yang berpengaruh signifikan pada loyalitas pengguna oli Enduro 4T variabel Citra Perusahaan (X1) dengan nilai signifikan 0,03 < 0,05, sedangkan variabel citra pemakai berpengaruh namun tidak signifikan sedangkan, citra merek, dan harga berpengaruh negatif terhadap loyalitas pengguna oli enduro 4T.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Public Relation Konsep dan Aplikasinyadi Indonesia. PT Utama Grafiti.
Kotler & Amstrong, and Gary, 2011. Prinsip- prinsip Pemasaran. Jilid 2, Edisi 13, Penerbit. Erlangga.
_________, 2011. Manajemen Pemasaran, Jilid 4. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
_________, 2012. Manajemen Pemasaran , Edisi kelimabelas, Jilid satu. Alih Bahasa Benyamin Molan; Indeks, Jakarta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung; Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 2; CV. Andi Offset, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v8i5.4410
Refbacks
- There are currently no refbacks.