ANALISIS PERBEDAAN IMAGE KONSUMEN BRAND EQUITY ES KRIM WALL’S DENGAN ES KRIM CAMPINA DI SAMARINDA
Abstract
MUHAMMAD AKBAR MAULANA, analisis perbedaan image konsumen brand equity es krim wall’s dengan es krim campina di Samarinda di bawah bimbingan Bapak H. Eddy Soegiarto K dan Ibu Eka Yudhyani.
Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori manajeman pemasaran yang berfokus pada Brand Equity (Ekuitas Merek) yang terdiri dari elemen elemen pembentuknya meliputi Brand Awerness (kesadaran merek), Perceived Quality (persepsi kualitas), Brand Association (asosiasi merek), Brand loyalty (loyalitas merek). Keputusan pembelian adalah pernyataan mental konsumen yang merefleksikan rencana pembelian sejumlah produk dengan merek tertentu.
Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis perbedaan brand equity Wall’s dan brand equity Campina menggunakan program SPSS dengan analisis uji Beda T-test.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis menyatakan bahwa nilai beda t-test variabel Brand Awareness mempunyai nilai t hitung sebesar 1.217 sedangkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,227 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan, maka hipotesis ditolak.. 2). Hasil analisis menyatakan bahwa nilai beda t-test variabel Brand Association mempunyai nilai t hitung sebesar -1.695 sedangkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,093 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan, maka hipotesis ditolak. 3). Hasil analisis menyatakan bahwa nilai beda t-test variabel Perceived Quality mempunyai nilai t hitung sebesar -1.328 sedangkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,187 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan, maka hipotesis ditolak. 4). Hasil analisis menyatakan bahwa nilai beda t-test variabel Brand Loyalty mempunyai nilai t hitung sebesar 0,477 sedangkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,634 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan, maka hipotesis ditolak.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Public Relation Konsep dan Aplikasinyadi Indonesia. PT Utama Grafiti.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2004. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
______. 2007. Manajeman Pemasaran Perspaktif Asia. Buku Satu, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brand: teknik mengelola brand equity dan strategi pembangunan merek. Cetakan ke-2. Jakarta. PT. Gramedia.
Sadat, M. Andi. 2009. Brand Belief: Strategi Membangung Merek Berbasis. Jakarta: Salemba Empat.
Simamora, Bilson. 2011. Remarketing for Business Recovery. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v8i5.4414
Refbacks
- There are currently no refbacks.