ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PENJUALAN CHITATO PADA CV. YOVA BERSAUDARA SAMARINDA

muahammad RAFI’I1

Abstract


MUHAMMAD RAFI’I, “Analisis Kebutuhan Tenaga Penjualan Chitato Pada CV. Yova Bersaudara Samarinda.” dibawah bimbingan ibu Prof. Dr. Theresia Militina, SE,MSi dan Drs. Adi Suroso,MM.

CV. Yova Bersaudara Samarinda adalah salah satu distribotor produk barang-barang konsumsi seperti : Chitato, Chiki Ball, j zet, Chetos Net, Qtela, Lays, dan lain sebagainnya, di pasarkan seluruh Samarinda dan sekitarnnya tenaga penjualan yang digunakan perusahaan sebanyak 7 (tujuh) orang untuk sales chitato. Karena banyaknya pesanan konsumen atau agen agen penjualan perusahaan sering mengalami keterlabatan pengiriman penentuan jumlah tenaga penjual, sampai saat  yang ideal bagi perusahaan.

Metode analisis yang akan digunakan adalah pemecahan masalah dan menjawab hipotesis yang penulis kemukakan adalah metode potensi

penjualan least square, metode ini digunakan untuk menetukan jumlah tenaga penjual dengan berpatokan dan juga didasarkan pada tingkat perputaran tenaga penjual yang dinyatakan dalam persentasie serta tingkat produktivitas yang ditargetkan untuk setiap salesmen atau tenaga penjual dalam tiap penjual.

Hasil analisis menunjukan;

Tahun 2013 junmlah penjual (salesmen) yang dianggap sesuai dengan kebutuhan perusahaan sebanyak 9 (sembilan). Tenaga penjual yang digunakan sekarang ini hanya berjumlah 7 (tujuh) orang maka perlu ditambah 2 (dua) orang lagi agar dapat melaksanakan kegiatan penjualan sesuai dengan potensi pada tahun tersebut.Tahun 2014 tidak di perlukan penambahan tenaga penjual.Tahun 2015 kebutuhan tenaga penjual perlu ditambah 1 (satu) orang lagi menjadi 10 (sepuluh) dengan anggapan produksi Penujualan tetap meningkat sama dengan keadaan sebelumnya.

Kata Kunci : tenaga penjualaan.


Full Text:

PDF DOC

References


Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Cetakan Ke-VI, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Assauri, Sofjan. 2009 Manajemen Pemasaran, Dasar, konsep dan strategi, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kartajaya, Hermawan. 2006 Mareketing Hermawan Kartajaya on selling seri 9e, Penerbit Mizan Bandung.

Kasmir, dan Jakfar. 2003 Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Ke-2 Cetakan ke-6 Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Kolter, Philip. 2002, Manajemen Pemasaran (terjemahan), Edisi Mellinium, jilid 1, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Mulyadi, 2001. Sistem Akuntansi, Edisi ke-3 Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Mursid, M. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 1, Cetakan Ke-4, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Subagyo, Pengestu. 2009. Forecasting Konsep dan Aflikasi, Edisi Ke-2, Cetakan Ke-13, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Swastha, Basu. 2007. Azas-azas Marketing. Edisi Ke-3, cetakan Ke-6, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Ke-2, Cetakan Ke-12, Penerbit, Liberty, Yogyakarta.

Taylor. Fredrick W. 2005, Principles Scientif of Manjement, LPPM, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v2i1.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.