ANALISIS PENERAPAN SAK ETAP PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PT. INDO TOOLS SEJAHTERA

Oeij Yulianto Mardiana, Andi Indrawati

Abstract


Analisis Penerapan SAK ETAP Pada Penyajian Laporan Keuangan PT. Indo Tools Sejahtera, Ibu Mardiana, S.E., M.M sebagai Pembimbing I, Ibu Andi Indrawati, S.E., M.M sebagai Pembimbing II. PT. Indo Tools Sejahtera merupakan perusahaan dibidang perdagangan peralatan teknik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa laporan keuangan PT. Indo Tools Sejahtera telah sesuai dengan SAK ETAP tahun 2009. Metode yang digunanakan adalah metode kualitatif dengan membandingkan laporan keuangan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dengan laporan keuangan PT. Indo Tools Sejahtera.

          Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan PT. Indo Tools Sejahtera belum sesuai dengan penyajian laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

          Laporan keuangan PT. Indo Tools Sejahtera tahun 2017 dan 2018 menyajikan Laporan neraca dan laporan laba rugi. Sendangkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik penyajian laporan keuangan Neraca, Laporan laba rugi, Laporan perubahan ekuitas, Laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Dengan menggunakan teknik menghitung cecklist metode Champion yang dikemukakan oleh James A. Blake dan Dean J. Champion didapatlah persentase 40% yang dikategorikan belum sesuai.

            Dengan menggunakan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), perusahaan diharapkan dapat menyajikan laporan keuangan dengan lengkap

Keywords


Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akutabilitas Publik, Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


IAI (Ikatan Akuntan Indonesia). 2018. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Gitman, J, Lawrence. 2012. Principles Of Managerial finance. 13th Edition. Pearson Education, Inc. United States.

Kachfi, Harry. 2009. Analisis Pelaksanaan Internal Audit Pada PT. Indosat (Persero) Tbk Jakarta. Jurnal Universitas Gunadarma.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v9i3.4905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.