ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA MEDIA ONLINE “KALTIM KECE” TAHUN 2019

Yosep Higang Hibau Imam Nazarudin Latif2 Adisthy Shabrina Nurqamarani3

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TQM yang terdiri dari fokus pada pelanggan, pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan karyawan dan manajemen berdasarkan fakta terhadap kinerja operasional media online Kaltim Kece. Dasar teori yang digunakan adalah teori manajemen operasional dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini karyawan dan manajemen media online Kaltim Kece berjumlah 20 Orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Untuk menentukan sampel dengan kriteria karyawan yang sudah bekerja di Media Online Kaltim Kece lebih dari 1 (satu) tahun sehingga sampel berjumlah 15 orang. Memfokuskan pada variabel dependen kinerja operasional dan variabel independen meliputi fokus pada kepuasan pelanggan, pemberdayaan karyawan, pendidikan dan pelatihan karyawan serta manajemen berdasarkan fakta, dengan periode tahun 2019. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan diketahui bahwa TQM berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional. Secara parsial diperoleh fokus pada pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional; pendidikan dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional; pemberdayaan karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional dan manajemen berdasarkan fakta berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional. Disarankan Media Online Kaltim Kece memberikan kesempatan kepada karyawan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan

Keywords


TQM, Kinerja Operasional, Kaltim Kece

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. 2012. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta. Fakultas Ekonomi

Universitas Indonesia.

Carton, Robert B. & Charles W. Hofer. 2016. Measuring Organizational Performance Metrics for Entrepreneurship and Strategic Management Research. Published by Edward Elgar Publishing Limited Glensanda House,UK.

Gunanta, Bagus Indra. 2012. “Pengaruh TQM terhadap kinerja Manajerial dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan sebagai variabel Moderating (study empiris pada staf Akuntansi perusahaan Jasa di Jakarta dan Tangerang)” Skripsi pada Jurusan Manajemen Syariah. Fakultas Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

Handoko, H. 2012. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi: Edisi

Pertama. Yogyakarta: BPFE

Islamy, Sandy Primadhana. 2018. “Analisis Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja Operasional Pada PT. So Good Food Tahun 2018.” Skripsi pada Jurusan Manajemen Syariah. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Syariah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Kuswidyarini, Cindy Dwiratna. 2013. Pengaruh Komitmen Kualitas, Keterlibatan Pegawai, Fokus Pelanggan, Manajemen Berbasis Fakta, Pengendalian dan Monitoring Proses Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Artikel Ilmiah STIE Perbanas Surabaya.

Simamora, Henry. 2016. Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. dan Diana, Anastasia. 2014. Total Quality Management.

Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Yunanto, Octriz Orista Amelia. 2016. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Klas II Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v10i1.5660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.