EVALUASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN PRODUK MESIN MEREK MAKITA PADA PT. ANEKA TEKNIK PERKAKAS SAMARINDA

Ririn Kurniawati1, Imam Nazarudin Latif Catur Kumala Dewi

Abstract


Perencanaan dan pengendalian persediaan produk Mesin Merek Makita di PT. Aneka Teknik Perkakas Samarinda perlu diterapkan dengan harapan agar perencanaan pengendalian dapat optimal. Sehingga perolehan keuntungan penjualan produk mesin merek Makita yang laku terjual di pasaran. Mekanisme penjualan disebabkan oleh kurangnya perencanaan yang matang dalam menetapkan persediaan, karena perusahaan melakukan pemesanan berdasarkan perkiraan tanpa metode yang rinci hanya mengacu pada sisa stok barang yang tersedia. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi perencanaan dan pengendalian persediaan produk mesin merek Makita pada PT. Aneka Teknik Perkakas Samarinda apakah sudah optimal atau belum. Dasar teori yang digunakan adalah Manajemen Keuangan dengan alat analisis data menggunakan perhitungan Economic Order Quantity (EOQ), persediaan pengaman, titik pemesanan kembali, dan optimal pemesanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi perencanaan persediaan produk mesin merek Makita pada PT. Aneka Teknik Perkakas Samarinda terjadi kenaikan dan penurunan sisa persediaan yang disebabkan karena PT. Aneka Teknik Perkakas Samarinda kurang menganalisis dan melakukan evaluasi dalam pengelolaan persediaan, dan hasil penelitian dari pengendalian persediaan produk mesin merek Makita pada PT. Aneka Teknik Perkakas Samarinda di lihat dari perhitungan Economic Order Quantity (EOQ), persediaan pengaman, titik pemesanan kembali, dan Q optimal menunjukkan bahwa hasil naik turun setiap tahunnya, sehingga dikatakan belum optimal.


Keywords


Perencanaa, Pengendalia, Perencanaan, Persedian, Economic Order dan Quantity (EOQ)

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2015. Analisa Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Halim, Abdul, et.al. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen. Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Penerbit UUP AMP

Khorida AR dan Wiwin Septiana. 2012. Analisis Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Barang Jadi Pada PT. Pardic Jaya Chemichals.

https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-perencanaan dan pengendalian -Analisis pengaruh-perencanaan pengendalian persediaan barang jadi/. Diakses pada hari Kamis, 15 April 2020.

Margaretha, Farah. 2011. Manajemen Keuangan Untuk Manajer Nonkeuangan. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. 2011. Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Swastha, Basu, 2013. Akuntansi Biaya Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen, Jakarta: Penerbit Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v11i1.6179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.