Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value Terhadap Kepuasan Konsumen di Giant Alaya

Selvia Ramadhani 1, Eddy Soegiarto 2, Nurfitriani 3

Abstract


Selvia Ramadhani: Pengaruh Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Kepuasan Konsumen Di Giant Alaya. Di bawah bimbingan Bapak Eddy Soegiarto sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Nurfitriani sebagai dosen pembimbing II.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Adventure Shopping, Social Shopping, Gratification Shopping, Idea Shopping, Role Shopping, Value Shopping Terhadap Kepuasan Konsumen membeli di Giant Alaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen, motivasi, Value, Adventure Shopping, Social Shopping, Gratification Shopping, Idea Shopping, Role Shopping, Value Shopping dan Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilakukan pada pembeli di Giant Alaya, dengan sampel sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner secara offline dengan menggunakan skala likert untuk mengukur setiap indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adventure Shopping, Social Shopping, Gratification Shopping, Role Shopping, Value Shopping, dan Efficiency berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Giant Alaya. Idea Shopping dan Achievement berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen di Giant Alaya.


Keywords


Perilaku Konsumen, Hedonic Value, Utilitarian Value, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Anderson, M., Palmblad, S., dan Prevedan, T. 2012. Atmospheric Effects on Hedonic and Utilitarian Customers. Bachelor Thesis. Linnaeus University.

Arifianti,R.dkk. 2010. Gaya Hidup Hedonis. Bandung : UNPAD PRESS.

Assauri,Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Ghozali,Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program spss. Semarang: Badan Penerbit universitas dipenogoro.

______,2016. Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hoyer, W.D., et, al.(2018), Consumer Behaviour, 1st ed. South Melbourne,Victoria:Cengage Learning Australia.

Ismail, Fajri. 2017. Statistika:Untuk Penelitain Pendidikan dan Ilmu – ilmu sosial. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Kim, H.S. 2006. Using Hedonic and Utilitarian Shopping Motivations to Profile Inner City Consumers. Journal of Shopping Center Research, 13 (1), 2006, 57-79.

Priyatno, Duwi, 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Andi: Yogyakarta.

Soegiarto,Eddy.2016.Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah.Tangerang Selatan:Mahkota Ilmu.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian.Bandung: Alfabeta.

¬_______.2010. Stratistika Untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar.2015. Pengantar Statistika Edisi Kedua. Jakarta : PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v11i2.6309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.