PENGARUH FAKTOR – FAKTOR PROMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN HONDA CBR 150 DI SAMARINDA

Ari Wicaksono -

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji dan  menganalisis pengaruh faktor periklanan, personal selling, publisitas, promosi penjualan, potongan harga, saluran distribusi terhadap keputusan pembelian Honda CBR 150 di Samarinda.

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan  pokok yang dilakukan perusahaan dalam usahanya mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba.

Dapat dirumuskan masalah yang menjadi arahan ini adalah apakah faktor periklanan, personal selling, publisitas, promosi penjualan, potongan harga, saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kendaraan Honda CBR 150 di Samarinda.

Diduga bahwa faktor periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas, potongan harga, saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kendaraan Honda CBR 150 di Samarinda.

Diduga faktor potongan harga berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kendaraan Honda CBR 150 di Samarinda.

Berdasarkan analisis secara parsial sesuai dengan hasil perhitungan unstandardized coefficient diketahui bahwa  variabel periklanan sebesar 0.293, personal selling sebesar 0,608, promosi penjualan sebesar – 0,250, publisitas sebesar 0,547, potongan harga sebesar 0,100 dan saluran distribusi sebesar 0,567 sehingga variabel personal selling berpengaruh secara dominan terhadap variabel keputusan pembelian kendaraan Honda CBR 150R di Samarinda.

Berdasarkan output diperoleh angka Adjuster R Square  adalah nila R Square sebesar 0.341 atau (34.1%). Hal ini menunjukkan bahwa porsentase sumbangan pengaruh variabel independen yaitu periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas, potongan harga dan saluran distribusi terhadap keputusam pembelian kendaraan Honda CBR 150R sebesar 34.1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Dari Uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel, hal ini menunjukkan bahwa variabel periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas, potongan harga dan saluran diitribusi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap konsumen pembelian kendaraan Honda CBR 150R di Samarinda (Y) sehingga Ha diterima. 

Variabel independen yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan potongan harga berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen keputusan pembelian.

Keywords


Promotional Mix, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 1, Cekatan 7, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Basu Swastha DH, 2007, Azas-azas maketing, Edisi Ketiga, Cetakan Keenam Liberty, Yogyakarta

David, A.R. 2001. Marketing Organization Throught the chanel, Wholeselling in Markeitng Organization. John Wiley and Sons. Inc. New York.

Kotler, Philip. 2001. Eleven Edition. Marketing Mnagement. Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar – dasar Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.

M. Suyanto, 2007, Marketing Strategi, Top Brand Indonesia. Edisi I, Penerbit ANDI, CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, 2005, Strategi Pemasaran Edisi Kedua, ANDI, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v3i2.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.