PENGARUH KESADARAN DIRI, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIFITAS KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. SSC WORKS SAMARINDA)

Luki Tri Hartono, Mardiana2 , Beatrix Tandirereung

Abstract


ABSTRAK

Pengaruh Kesadaran Diri, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktifitas Karyawan Pada PT. SSC WORKS Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh: 1) Kesadaran diri terhadap produktifitas kerja pada PT. SSC WORKS Samarinda.; 2) Kesehatan dan keselamatan kerja terhadap produktifitas Pada PT. SSC WORKS Samarinda.; 3) Kesadaran Diri, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktifitas Karyawan Pada PT. SSC WORKS Samarinda. Populasi penelitian yang digunakan peneliti adalah seluruh karyawan di PT. SSC WORKS Samarinda yang berjumlah 54 responden. Sampel penelitian sebanyak 47 karyawan dengan rumus slovin dan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis linier berganda dengan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas,uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi) dan pengujian hipotesis ( uji F atau uji simultan, uji t atau uji parsial dan koefisian determinasi). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kesadaran diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktifitas karyawan, hal ini dapat dilihat dari t hitung untuk variabel kesadaran diri sebesar 0,674 < 1,675 dan nilai signifikansi 0,504 >0,05;2). Kesehatan dan keselamatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktifitas karyawan, hal ini dapat dilihat t hitung untuk variabel kesehatan dan keselamatan kerja sebesar 11,040 > 1,675 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 3) kesadaran diri, kesehatan dan keselamatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktifitas karyawan, hal ini dapat dilihat dari F hitung untuk variabel produktifitas 63,835 > 3,20 dan nilai  signifikasi 0,000 < 0,05.


Keywords


Kesadaran Diri, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Produktifitas

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Malayu. 2012.“Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Meily, Kurniawidjaja. 2010. Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja. Jakarta: Ui Press.

Mendatu, Achmanto (2010). Pemulihan Trauma, Atrategi Pemulihan Trauma Untuk Diri Sendiri, Anak, dan Orang Lain di Sekitar Anda. Penerbit Jalasutra, Bantul.

Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ridley, John. 2009. Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Edisi 3. Jakarta Timur: Penerbit Erlangga.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v12i3.7162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.