PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA (PRICE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBELI AIR MINERAL MEREK AQUA (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda)

Choirul Setyo Aji 1 LCA. Robin Jonathan Adisthy Shabrina Nurqamarani 3

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan harga terhadap kepuasan pelanggan air minum Aqua di lingkugan Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampelnya sebanyak 148 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image (Citra Merek) memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian, penelitian ini menunjukkan bahwa Harga (Price) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan produk AQUA. Selain itu, pengaruh Brand Image (Citra Merek) dan Price (Harga) secara simultan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan produk AQUA.


Keywords


Citra Merek, Harga, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.

Letrio, Ade. Sulistyawati, Eka. (2013). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian Persero, Cabang Mengwi, Badung Bali”.e-jurnal manajemen.Vol 2, No.8.

Marketeers.Com. (2018). Brand Image in Marketing Manajemen. Jakarta: Majalah Ekonomi, Konsumen, dan Pemasaran.

Saragih. Menara, Lenny. Sarjani. (2018). “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Grabcar Di Kota Medan”. Jurnal Manajemen Bisnis Stie IBBI. Volume 30 No.1 Juni 2018.

Setyo, Purnomo Edwin. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks. Surabaya : Universitas Ciputra

Yana, Ravita Dwi, Suharyono dan Yusri Abdillah.2015. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan.(Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia)”.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Universitas Brawijaya |Vol. 21 No. 1 April 2015

Yanuarista, Tiara, Handoyo Djoko dan Widiartanto.2014. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Produk Tupperware (Studi pada Konsumen PT. Tiara Kinarya Sakti, Kudus). Semarang : Universitas Dipenogoro.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v12i3.7502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.