ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN UNIT AIR PUTIH SAMARINDA

Norhalida Apriana Eka Yudhyani2 Nufitriani3

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness) empati (empathy) dan jaminan (assurance) terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Unit Air Putih Samarinda

 

Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini teori manajemen pemasaran khususnya tentang Kualitas Pelayanan, Perilaku Konsumen dan Kepuasan Konsumen.

 

Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan analisis secara parsial variabel bentuk fisik (tangible)  berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial variabel Kehandalan (reliability) berpengaruh singifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial variabel daya tanggap (responsive) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial variabel empati/kepedulian (emphaty) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial variabel jaminan/assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara simultan kualitas pelayanan yang teridiri dari bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsive) kepedulian/empati (emphaty) dan jaminan (assurance) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah


Keywords


Service Quality, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF PDF

References


Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein Umar, 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 2.Cetakan 13. Jakarta: Rajawali Pers.

Latan, H dan S. Temalagi. 2013. Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto. 2018. Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v13i2.7753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.