Efektivitas Anggaran Biaya Produksi Terhadap Kinerja Produksi PT. Tirta Mahakam Resources Tbk Di Samarinda

Sintia Fridolita Bulan Titin Ruliana Danna Solihin3

Abstract


               Efektivitas Biaya Produksi terhadap Kinerja Produksi PT. Tirta Mahakam Resource.Tbk di Samarinda dibawah bimbingan Ibu Titin Ruliana sebagai Pembimbing I dan Ibu Danna Solihin sebagai Pembimbing II.

PT. Tirta Mahakam Resources, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan kayu lapis dan produk kayu sejenis. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) mengetahui dan menganalisis efektivitas anggaran biaya produksi terhadap kinerja produksi PT. Tirta Mahakam Resources, Tbk di Samarinda.

Efektivitas adalah hubungan antara output dan tujuan, semakin besar kontribusi output terhadap pencapaian tujuan, semakin efektif, efektivitas berfokus pada hasil. Hipotesis penelitian adalah: (1) Anggaran biaya produksi untuk kinerja produksi PT. Tirta Mahakam Resources, Tbk di Samarinda belum efektif.

Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Keefektifan Nilai Kinerja Hasil dan Nilai Kinerja Keluaran. Hasil penelitian tahun 2017 PT. Tirta Mahakam Resources, Tbk di Samarinda sangat efektif karena tidak melebihi 100% dari target anggaran yang ditetapkan. Namun pada tahun 2018 hasil penelitian menyatakan bahwa PT. Tirta Mahakan Resources, Tbk di Samarinda tidak efektif, hal ini dikarenakan target anggaran lebih tinggi dari tahun sebelumnya dan tahun 2018.

Keywords


Efektivitas Anggaran, Nilai Kinerja

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kedua Belas. Remaja Rosdakarya : Bandung

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta : Bagian Penerbitan UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. 2017. Efesiensi dan Efektivitas. Jakarta : Andy.

Prawiro Negoro,Darsono & Ari Purwanti.2010. Akuntansi Manajemen.Edisi Ketiga. Jakarta:Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.31293/jma.v13i2.7873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.