APLIKASI METODE SIMULASI MONTE CARLO PERBAIKAN KOMPUTER PADA CV. BINTANG KOMPUTER DI SAMARINDA

Benny Agus Kurniawan

Abstract


Perbaikan dan reliabilitas berkaitan dengan peran karyawan (role of employee), prosedur pemeliharaan dan reliabilitas (maintenance and reliability procedures) di dalam usaha pencapaian hasil yang berupa kualitas manajemen dan kualitas produk (total management and product quality result). Perbaikan dan reliabilitas diperlukan dalam mengendalikan biaya produksi, dimungkinkan terjadi efisiensi sebagai akibat dari keputusan pemeliharaan dan reliabilitas yang tepat.

Masalah yang dihadapi adalah simulasi Monte Carlo dapat mengefisiensikan biaya perbaikan komputer pada CV Bintang Komputer di Samarinda.

Hasil penelitian menunjukkan hipotesis penelitian diterima, dengan alasan : Simulasi eksperimen 15 hari sebesar 54/15 hari = 3,6 hari, harapan permintaan perbaikan (expected demand) adalah 2,78 unit tidak efisien. Simulasi hari ke-20, adalah 70/20 hari = 3,5 juga belum efisien perhitungan nilai harapan permintaan perbaikan, yaitu 2,6 unit per hari.

Simulasi eksperimen efisien adalah permintaan perbaikan hari ke-30, permintaan perbaikan rata-rata selama 30 Total 20 hari = 70 unit menggambarkan efisiensi biaya dengan perhitungan nilai harapan permintaan perbaikan rata-rata adalah 3,33 atau 2,6, dibulatkan 3 unit/ Total 20 hari  =  70 unit.  


Full Text:

PDF DOC

References


Anthony, 2003, Maintenance, cetakan keenam, Edisi kedua, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Assauri Sofjan, 2004, Studi Kelayakan Bisnis, edisi revisi, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudarmo Indriyo , 2004, Strategi Pengambilan Keputusan Bisnis, PT Ikrar Mandiri Jakarta.

Hani Handoko T. 2004, Manajemen Operasion Riset, BPFE, UGM, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v1i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.