Pengabdian KKN- PENINGKATAN EKONOMI KREATIF WISATA BERBASIS DIGITAL PASCA PANDEMI COVID – 19 DESA MOJOROTO, KECAMATAN MOJOGEDANG, KABUPATEN KARANGANYAR

Budhi Sumboro, Agung Koes Indarto, dkk

Abstract


Digitalisasi wisata merupakan salah satu strategi penting dalam menyikapi peradaban masyarakat yang berorientasi digital dalam memenuhi kebutuhan mereka untuk berwisata. Digitalisasi wisata dianggap sebagai langkah tepat dalam mempromosikan wisata melalui pendekatan digital yang berdampak pada pengembangan potensi wisata di suatu desa wisata dan meningkatnya usaha ekonomi kreatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan KKN ini adalah metode observasi dan wawancara. Strategi yang dapat dilakukan dalam digitalisasi wisata pada desa wisata adalah dengan meningkatkan pengelolaan desa wisata, infrastruktur desa wisata, bentuk digitalisasi desa wisata, dan pengelolaan digitalisasi wisata. Hasil temuan studi adalah dengan pengembangan desa wisata dan digitalisasi wisata terbukti diperoleh banyak manfaat, seperti kemudahan dalam memberikan jasa layanan pariwisata kepada wisatawan termasuk akses dalam rangka penyelenggaraan pemasarannya, mempermudah wisatawan dalam mengakses informasi tentang suatu destinasi pariwisata serta meminimalisir biaya baik bagi pihak penyelenggara dan/pengelola, maupun bagi wisatawan. Dengan adanya digitalisasi di desa wisata secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT LAMIN