Kolaborasi bazar kewirausahaan UMKM guna meningkatkan omzet penjualan di kelurahan meri kota mojokerto

Ratna Agustina, Dwi Dewianawati

Abstract


Pemberdayaan bazar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) telah terbukti memberikan kontribusi bagi perekonomian masyarakat. Permasalahan pada UMKM adalah keterbatasan modal kerja, kapasitas sumber daya manusia yang sangat rendah dan minimnya penguasaan pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara umum berdampak pada prospek usaha. Maka dari itu, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membantu para pelaku UMKM untuk berkolaborasi pada bazar kewirausahaan agar dapat bersinergi dan berkomunikasi dengan masyarakat maupun sesama pelaku usaha untuk mengetahui permintaan produk dan bagaimana cara mempromosikan suatu produk agar dapat terjual baik dipasaran. Selanjutnya, membangun relasi dan jejaring social dengan pelaku UMKM lainnya untuk memperluas pasar dan dapat meningkatkan omzet penjualan. Dengan berkolaborasi dan meningkatnya omzet penjualan, pelaku UMKM dapat berperan dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Afrioni, S., Anggita, H. N., Filzati, N., Najib, M., Syukri, A., Nisa, M. A., Mahmudah, A. A., Asnafi, M. F., Pamungkas, A. I., Laeli, N., & Amri, M. (2023). Pemberdayaan umkm melalui bazar di desa pegundan kecamatan petarukan kabupaten pemalang. 2(2), 1651–1659.

Deviastri, L., & Annisa, I. T. (2022). Peran Inovasi, Kolaborasi dan Media Sosial terhadap Kinerja Usaha UMKM di DKI Jakarta. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33476/jobs.v3i1.2472


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin