Pembangunan Kumbung Dalam Upaya Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Tiram di Desa Sukomulyo Penajam Paser Utara

Tukimun Tukimun

Abstract


Desa Sukomulyo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang berdekatan dengan Lokasi Ibukota Negara yakni IKN Nusantara. Sebagai desa mitra IKN tentunya harus berperan dalam mendukung IKN Nusantara dengan salah satunya melakukan pemenuhan terhadap kebutuhan pangan kreatif dengan pemanfaatan budidaya jamur tiram yang memiliki gizi yang baik bagi kesehatan. Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jamur kayu yangsangat baik untuk dikonsumsi manusia. Selain karena memiliki cita rasa yang khas, jamur tiram juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Jamur tiram mengandung protein sebanyak 19-35% dari berat kering jamur, dan karbohidrat sebanyak 46,6-81,8 %. Selain itu jamur tiram mengandung tiamin atau vit. B1, riboflavin atau vit. B2, niasin, biotin serta beberapa garam mineral dari unsur-unsur Ca, P, Fe, Na, dan K dalam komposisi yang seimbang. Bila dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0gram, namun karbohidratnya 0,0 gram, maka kandungan gizi jamur masih lebih komplit sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan. Manfaat jamur tiram bagi Kesehatan meliputi menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, memiliki kandungan serat mulai 7,4 % sampai 24,6% yang sangat baik bagi pencernaan dan antitumor dan antioksidan. Untuk menunjang pengembangan budidaya jamur tiram di desa Sukomulyo sangat memerlukan kumbung jamur sebagai tempat budidaya jamur tersebut. Pembangunan kumbung jamur tersebut diharapkan mampu memenuhi produksi jamur tiram yang merupakan salah satu pangan kreatif dalam menunjang kebutuhan pangan di IKN Nusantara serta dalam Upaya peningkatan ekonomi Masyarakat di desa Sukomulyo, kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Keywords


Kumbung Jamur Tiram, Desa Sukomulyo, IKN Nusantara

Full Text:

PDF

References


Cahyana, Y. A., Muchroji, & Bakrun, M., (2001). “Budidaya jamur. Jakarta”: Penerbit Penebar swadaya.

Eka Sari., Ropalia Ropalia., (2020). “Pembuatan Kumbung sebagai Persiapan Budidaya Jamur dalam Upaya Perwujudan Ikon Jamur Tiram Putih di Desa Pagarawan, Bangka”: JPMMP, DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34076

Rosmiah., Dkk., (2020). “Budidaya Jamur Tiram Putih (Pluoretus Ostreatus) Sebagai Upaya Perbaikan Gizi dan Meningkatkan Pendapatan Keluarga”: ALTIFANI. International Journal of Community Engagement, E-ISSN: 27746607.

Suharyanto E. (2010). “Bertanam Jamur Tiram di Lahan Sempit”. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka.

UMKM Desa Sukomulyo., (2023). “Proposal Kumbung, UMKM Jamur Desa Sidomulyo, Sepaku, Penajam Paser Utara”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin