Psikoedukasi Peran Orang Tua Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak

Muhammad Arif Nurrahman, Edi Saputro

Abstract


Psikoedukasi merupakan salah satu bentuk intervensi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua atau wali murid peserta didik mengenai peran penting mereka dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua memainkan peran sentral atau penting dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh secara optimal, baik dari segi fisik, mental, maupun emosional. Melalui kegiatan psikoedukasi yang diselenggarakan di TK Kartini Desa Padang Jaya, para orang tua/wali murid diberikan pemahaman tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendukung perkembangan anak secara lebih baik. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab untuk memastikan peserta memahami materi yang disampaikan. Hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman orang tua terhadap peran mereka dalam proses tumbuh kembang anak. Ini menggarisbawahi pentingnya edukasi bagi orang tua agar lebih terlibat aktif dalam mendidik dan membesarkan anak dengan memberikan contoh perilaku yang baik serta memenuhi kebutuhan emosional anak. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak dalam jangka panjang.


Full Text:

PDF

References


Aini, M., Rahmah, N., Ulfiah, Z., Hairina, Y., & Kegiatan Pengabdian Kepada, A. (2022). Psikoedukasi Peran Orang Tua Dalam Proses Tumbuh Kembang Anak Di Paud Terpadu Tarbiyatul Athfal. Jurnal Pasopati, 4(4), 216–220. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Alawiyah, S. (2015). 13 tips dan cara mendidik anak yang baik, benar, dan efektif di usia dini. Fitk.Walisongo.Ac.Id. https://fitk.walisongo.ac.id/13-tips-dan-cara-mendidik-anak-yang-baik-benar-dan-efektif-di-usia-dini/#:~:text=Selain dituntut untuk bersikap lembut,anak bahwa Anda sangat menyayanginya.

Handayani, P. A., & Lestari, T. (2021). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral dan Pola Pikir Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6400–6404. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1959

Hasbi, M., Lestari, G. D., Fardana, N. A., Nurjannah, Ngasmawi, M., & Wulandari, R. (2020). Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20210918_192553.pdf

Kemenppa. (2024). Peta Sebaran Jumlah Kasus Kekerasan Menurut Provinsi. Simfoni PPA. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Martina, P., Kartika, L., Sampepadang, M., Barus, N. S., Octaria, M., & Panjaitan, T. (2021). Webinar Edukasi Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak dan Well-being Keluarga. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(6), 1434–1447.

Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jpbb: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53–62. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189

Musslifah, A. R., Cahyani, R. R., Rifayani, H., & Hastuti, I. B. (2021). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Agresi pada Anak. Jurnal Talenta Psikologi, 16(2), 5–21. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/759

Nurilah, & Fajriani, E. (2024). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Empiris: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.62335/n505mq51

Tina, A., Purbarini, S., Firmansyah, Senen, A., & Mujinem. (2024). Optimalisasi Peran orang Tua dalam Membentuk Anak Yang Tangguh di Era 5.0. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 5(1), 22–30.

Umaroh, S. K., Andriani, L., & Addzahrah, N. (2024). Membangun Pikiran Dan Emosi Positif Melalui Gerak Tubuh Dalam. Jurnal Abdimas Lamin, 3(1), 26–36.

Wiguna, I. B. A. A., & Sunariyadi, N. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 328–341. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/301


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin