PENGARUH SIKAP TERHADAP PRODUK FASHION DAN DISONANSI KOGNITIF PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA DI KOTA BONTANG
Abstract
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara sikap terhadap
produk fashion dan disonansi kognitif pada pengambilan keputusan pembelian. Sehingga
terdapat tiga pengaruh yang akan diselidiki dalam penelitian ini, yaitu: 1) Sikap Terhadap Produk
Fashion dengan Pengambilan Keputusan Pembelian ; 2) Disonansi Kognitif dengan
Pengambilan Keputusan Pembelian ; 3) Sikap Terhadap Produk Fashion dan Disonansi Kognitif
Pada Pengambilan Keputusan Pembelian.
Penelitian dikenakan kepada mahasiswa di Kota Bontang. Subyek dalam penelitian ini adalah
53 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sample random sampling
dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel karena jumlah populasi yang relatif kecil.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap produk fashion dengan
pengambilan keputusan pembelian dengan beta = 0,350, t = 2,667, R square = 0,122 dan p =
0,010. Terdapat pengaruh yang signifikan antara disonansi kognitif dengan pengambilan
keputusan pembelian dengan beta = -0,542, t = -4,607, R square = 0,294 dan p = 0,000.
Kemudian pada sikap terhadap produk fashion dan disonansi kognitif pada pengambilan
keputusan terdapat pengaruh yang signifikan dengan F = 16,930, R square 0,404, dan p = 0,000
ABSTRACT
Ria Nugraha Waty, 11.11.1001.3510.001, The Influence of Attitudes Toward Fashion
Products and Cognitive Dissonance on Purchase Decision Making On Student In Bontang.
Thesis 2015
This study aims to determine whether there is influence between attitudes towards fashion
products and cognitive dissonance in making purchasing decisions. So there are three effects
will be investigated in this study, namely: 1) Attitudes Toward the Fashion Product Purchase
Decision Making; 2) Cognitive Dissonance with Purchase Decision Making; 3) Attitudes
Toward Fashion Products and Cognitive Dissonance On Purchase Decision Making.
Research applied to students in Bontang. Subjects in this study were 53 students. Sampling in
this study using a sample random sampling where all population used as a sample because the
population is relatively small.
Data analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed a
significant difference between attitudes towards fashion products with a purchase decision with
beta = 0.350, t = 2.667, R square = 0.122 and p = 0.010. A significant difference between the
cognitive dissonance with the purchase decision with beta = -0.542, t = -4.607, R square =
0.294 and p = 0.000. Then in attitudes towards fashion products and cognitive dissonance in the
decision-making a significant difference with F = 16.930, R square 0.404, and p = 0.000.
References
Ahmad, S., Ali, R.A & Saleem, M.A.
(2012). Post purchase Cognitive
dissonance: Impact of product
involvement, impulse buying and
hedonic consumption tendencies.
Interdisciplinary Journal of
Contemporary Research In Bussines,
Vol. 4, No. 5, 1052-1060.
Azwar, Saifuddin. (2011). Sikap manusia:
Teori dan pengukurannya (Ed 2).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Donnely, J.H., Gibson, J.L & Ivancevich,
J.M. (2008). Organisasi: Perilaku,
struktur, proses (Jilid 2). Jakarta:
Erlangga.
Hasan, U., & Nasreen, R. (2012). Cognitive
dissonance and it’s impact on
consumer buying behaviour. IOSR
Journal of Business and Management,
Vol. 1, Issue. 4, 7-12.
Japarianto, Edwin. (2006). Analisis
pembentukan disonansi kognitif
konsumen pemilik mobil toyota
avanza. Jurnal Managamen
Pemasaran, Vol. 1, No. 2. 81-87.
King, L.A. (2008). The science of
psychology (1st ed). New York: Mc- Graw
Hill.
Meinarno, EA, & Sarwono, S.W. (2009)
Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba
Humanika.
Sangadji, E.M., & Sopiah. (2013). Perilaku
konsumen: Pendekatan praktis (ed 1)
Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sarwono, S. (2009). Psikologi sosial.
Jakarta: Salemba Humanika.
Schiffman, Leon, & Kanuk, L.L. (2007).
Perilaku konsumen. Indonesia: PT.
Macanan Jaya Cemerlang.
Setiawan, Evelyn. (2014). Analisis sikap
konsumen terhadap produk fashion
lokal dan impor. Jurnal Economia,
Vol 10, No. 1. 38-47.
Suadi. (2014 Juli). Fenomena Perang Diskon
Jelang Lebaran. Penulis alumnus
UMSU Medan [on-line], Diakses pada
tanggal 21 Juli 2014 dari
http://apakabarsidimpuan.com/2014/0
/fenomena-perang-diskon-jelang-
lebaran/.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian
kuantitatif kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2014). Konsep dasar riset
pemasaran dan perilaku konsumen.
Yogyakarta: CAPS (Center for
Academic Publishing Service).
Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 16
Sunyoto, D. (2013). Perilaku konsumen:
Panduan riset sederhana untuk
mengenali konsumen. Yogyakarta:
CAPS (Center for Academic
Publishing Service).
Usman, H. (2014). Manajemen: Teori,
praktik, dan riset pendidikan (ed 4).
Jakarta: Bumi Aksara.
Wade, C., & Tavris, Carol. (2007). Psikologi
(Ed 9). Jakarta: Erlangga.
Widiyatno, B. (2012). Pengaruh atribut
produk terhadap proses keputusan
pembelian studi kasus konsumen pada
sentra industri jeans di kecamatan
Ulujami Kabupaten Pemalang.
Management Analysis Journal, Vol.
, No. 2. 6-10
Refbacks
- There are currently no refbacks.