PENGARUH SIKAP TERHADAP PRODUK FASHION DAN DISONANSI KOGNITIF PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA DI KOTA BONTANG

Ria Nugraha Waty

Abstract


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara sikap terhadap
produk fashion dan disonansi kognitif pada pengambilan keputusan pembelian. Sehingga
terdapat tiga pengaruh yang akan diselidiki dalam penelitian ini, yaitu: 1) Sikap Terhadap Produk
Fashion dengan Pengambilan Keputusan Pembelian ; 2) Disonansi Kognitif dengan
Pengambilan Keputusan Pembelian ; 3) Sikap Terhadap Produk Fashion dan Disonansi Kognitif
Pada Pengambilan Keputusan Pembelian.
Penelitian dikenakan kepada mahasiswa di Kota Bontang. Subyek dalam penelitian ini adalah
53 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sample random sampling
dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel karena jumlah populasi yang relatif kecil.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap produk fashion dengan
pengambilan keputusan pembelian dengan beta = 0,350, t = 2,667, R square = 0,122 dan p =
0,010. Terdapat pengaruh yang signifikan antara disonansi kognitif dengan pengambilan
keputusan pembelian dengan beta = -0,542, t = -4,607, R square = 0,294 dan p = 0,000.
Kemudian pada sikap terhadap produk fashion dan disonansi kognitif pada pengambilan
keputusan terdapat pengaruh yang signifikan dengan F = 16,930, R square 0,404, dan p = 0,000

 

ABSTRACT
Ria Nugraha Waty, 11.11.1001.3510.001, The Influence of Attitudes Toward Fashion
Products and Cognitive Dissonance on Purchase Decision Making On Student In Bontang.
Thesis 2015
This study aims to determine whether there is influence between attitudes towards fashion
products and cognitive dissonance in making purchasing decisions. So there are three effects
will be investigated in this study, namely: 1) Attitudes Toward the Fashion Product Purchase
Decision Making; 2) Cognitive Dissonance with Purchase Decision Making; 3) Attitudes
Toward Fashion Products and Cognitive Dissonance On Purchase Decision Making.
Research applied to students in Bontang. Subjects in this study were 53 students. Sampling in
this study using a sample random sampling where all population used as a sample because the
population is relatively small.
Data analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed a
significant difference between attitudes towards fashion products with a purchase decision with
beta = 0.350, t = 2.667, R square = 0.122 and p = 0.010. A significant difference between the
cognitive dissonance with the purchase decision with beta = -0.542, t = -4.607, R square =
0.294 and p = 0.000. Then in attitudes towards fashion products and cognitive dissonance in the
decision-making a significant difference with F = 16.930, R square 0.404, and p = 0.000.


Full Text:

PDF DOC

References


Ahmad, S., Ali, R.A & Saleem, M.A.

(2012). Post purchase Cognitive

dissonance: Impact of product

involvement, impulse buying and

hedonic consumption tendencies.

Interdisciplinary Journal of

Contemporary Research In Bussines,

Vol. 4, No. 5, 1052-1060.

Azwar, Saifuddin. (2011). Sikap manusia:

Teori dan pengukurannya (Ed 2).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Donnely, J.H., Gibson, J.L & Ivancevich,

J.M. (2008). Organisasi: Perilaku,

struktur, proses (Jilid 2). Jakarta:

Erlangga.

Hasan, U., & Nasreen, R. (2012). Cognitive

dissonance and it’s impact on

consumer buying behaviour. IOSR

Journal of Business and Management,

Vol. 1, Issue. 4, 7-12.

Japarianto, Edwin. (2006). Analisis

pembentukan disonansi kognitif

konsumen pemilik mobil toyota

avanza. Jurnal Managamen

Pemasaran, Vol. 1, No. 2. 81-87.

King, L.A. (2008). The science of

psychology (1st ed). New York: Mc- Graw

Hill.

Meinarno, EA, & Sarwono, S.W. (2009)

Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba

Humanika.

Sangadji, E.M., & Sopiah. (2013). Perilaku

konsumen: Pendekatan praktis (ed 1)

Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sarwono, S. (2009). Psikologi sosial.

Jakarta: Salemba Humanika.

Schiffman, Leon, & Kanuk, L.L. (2007).

Perilaku konsumen. Indonesia: PT.

Macanan Jaya Cemerlang.

Setiawan, Evelyn. (2014). Analisis sikap

konsumen terhadap produk fashion

lokal dan impor. Jurnal Economia,

Vol 10, No. 1. 38-47.

Suadi. (2014 Juli). Fenomena Perang Diskon

Jelang Lebaran. Penulis alumnus

UMSU Medan [on-line], Diakses pada

tanggal 21 Juli 2014 dari

http://apakabarsidimpuan.com/2014/0

/fenomena-perang-diskon-jelang-

lebaran/.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian

kuantitatif kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2014). Konsep dasar riset

pemasaran dan perilaku konsumen.

Yogyakarta: CAPS (Center for

Academic Publishing Service).

Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 16

Sunyoto, D. (2013). Perilaku konsumen:

Panduan riset sederhana untuk

mengenali konsumen. Yogyakarta:

CAPS (Center for Academic

Publishing Service).

Usman, H. (2014). Manajemen: Teori,

praktik, dan riset pendidikan (ed 4).

Jakarta: Bumi Aksara.

Wade, C., & Tavris, Carol. (2007). Psikologi

(Ed 9). Jakarta: Erlangga.

Widiyatno, B. (2012). Pengaruh atribut

produk terhadap proses keputusan

pembelian studi kasus konsumen pada

sentra industri jeans di kecamatan

Ulujami Kabupaten Pemalang.

Management Analysis Journal, Vol.

, No. 2. 6-10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.