HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DAN METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DITINJAU DARI PEMAHAMAN ORANG TUA SISWA DAN GURU DI PAUD PELANGI DAN MEGA BUANA
Abstract
ABSTRAK
Hubungan antara kematangan emosi anak usia dini dan metode Beyond Center and Circle
Time (BCCT) ditinjau dari pemahaman orang tua siswa dan guru di PAUD Pelangi dan Mega
Buana Samarinda. penelitian 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan
antara kematangan emosi anak usia dini dan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) di
tinjau dari pemahaman orang tua siswa dan guru di PAUD Pelangi dan Mega Buana Samarinda.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa PAUD Pelangi dan Mega Buana Samarinda
yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik
proporsional random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala kematangan emosi
yang di adopsi dan disusun peneliti sendiri.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis korelasi produk moment dengan
bantuan program SPSS 13 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada
hubungan yang signifikan antara pemahaman orang tua dan guru terhadap kematangan emosi
dan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT), hal ini di tunjukan dengan hasil
signifikansinya sebesar 0,74 P> 0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan tidak terdapat
hubungan yang signifikan antara pemahaman orang tua dan guru terhadap kematangan emosi
dan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT)
Keywords
References
............... 2010. Kamus Besar Bahasa
Indonesia
A.A Wakisto. 2013. Kamus Bahasa Indonesia
Alwi. 2012. Penerimaan Diri pada Lanjut
Usia ditinjau dari Kematangan Emosi,
Jurnal Psikologi, Universitas Gajah
Mada
Andayani dan Koentjoro. 2008. Hubungan
Pola Asuh Terhadap Kemandirian
Personal Hygiene pada Anak
Prasekolah, Universtas Muhammadiyah,
Surabaya
Astuti Fitria. 2006. Kepribadian anak dari Ibu
yang Authoritaria, Institut Agama Islam
Negeri Sunan Ampel, Surabaya
Budiarti Husana. 2013. Pola Asuh Orang Tua
Karir dalam Mendidik Anak, Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga,
Yogyakarta
Chofivah. Siti. 2008. Penerapan Metode
BCCT di PAUD Unggulan Nasional
Anak Saleh Malang, Jurnal Psikologi,
Gautama. 2006. Pedoman Penerapan
Pendekatan ”Beyond Centers And
Circles Time (BBCT)” (Pendekatan
Sentra Dan Saat Lingkaran) Dalam
Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta;
Departemen Pendidikan Nasional
Direktorat Jenderal Pendidikan Luar
Sekolah Direktorat Pendidikan Anak
Usia Dini
Goleman Daniel. 2015. Emotional Intelegent,
Gramedia, Jakarta
Gottman John. Ph.D dan DeClaire Joan. 2008.
Mengembangkan Kecerdasan Emosional
Anak, Jakarta; Gramedia Pustaka Utama
Hadi. Sutrisno. 2010. Statistik , Yogyakarta,
Andi Offset
Hariwijaya dan Sukaca Eka Bertiani. 2009.
PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan
Pendidikan Sejak Dini, Yogyakarta;
Mahadhika Publising
Hamid Muhammad. Ph.D. 2010. Pedoman
Teknis Penyelenggaraan Taman
Penitipan Anak & Pedoman Teknis
Penyelenggaraan Kelompok Bermain,
Jakarta; Direktorat Pendidikan anak Usia
Dini Direktorat Jederal Pendidikan Non
Formal Dan Informal
Husada Kurniawati Anna. 2010. Hubungan
Pola Asuh dan Kecerdasan Emosi
dengan Prilaku Prososial Remaja,
Jurnal Psikologi
http://firmansyah100288.blokspot.com/2011/1
/teori-pemahaman.ttml
Maslow Abraham. 2010. The Third Force The
Psikologi of Abraham Maslow
terjemahan A Supratiknya, madzhab
ketiga Psikologi Humanistik,
Yogyakarta
Martini. 2006. Usaha Pendidikan di Sekolah
Dasar merupakan kesempatan pertama
yang baik untuk membina pribadi anak
sekolah
Moloney. Puspitasari Nuryoto. 2011.
Pengaruh Kematangan Emosi terhadap
Kecenderungan Prilaku Self Injuri pada
Remaja, Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah, Jakarta
Morrison George S. 2012. Dasar Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),
Jakarta, PT. Indeks
Musbikin Imam. Byrnes. 2012. Pintar
Pendidikan Anak Usia Dini
Murray. 2008. http//www.betteryou.com
Imron Arifin. M.Pd. 2008. Kepemimpinan
Kepala PAUD dalam
Mengimplementasikan Pembelajaran
Sentra Study Kasus PAUD/Kelompok
Bermain, Malang; KB Anak Sholih
Kurniasari. Diyah. 2010. Pendekatan
Pembelajaran BCCT di Sentra
Persiapan dalam Upaya Persiapan
Menulis Dasar, Jurnal Psikologi
Mubayidh Makmu. DR. 2006. Kecerdasan &
Kesehatan Emosional Anak, Jakarta
Timur; Pustaka al Kautsar
M. Tairas. (2009). When a Person Mature?.
Media Psikologi Indonesia 5-6. Jakarta.
Pembengo. Meriyati JS. 2014. Analisis
Tentang Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa
di SMK Negeri I Gorontalo, Universitas
Negeri Gorontalo
Purwakania. Alia B. 2014. Mengelola dan
Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan
Anak Usia Dini, Aruzz Media
Oryza. Deltanni Citra Findy. 2009. Hubungan
Kematangan Emosional dengan Stres
Kerja Perawat, Jawa Timur, Jurnal
Psikologi
Sari Endah Puspita dan Sartini Nuryoto. 2010.
Hubungan antara Kematangan Emosi
dengan Prilaku Asertif pada Mahasiswa
Untag Surabaya, Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Schunk Dale H. 2009. Motivation in
Education, new jursy, Prentice hall.Inc
Syamsu Yusuf. (2008). Psikologi
Perkembangan Anak dan Remaja.
Bandung : P.T Remaja Rosdakarya.
Sukaji. Ratnawati. 2005. Hubungan
Kematangan Emosi dengan Konsep Diri
pada Anak Jalanan di Kota Malang,
Fakultas Pendidikan Psikologi,
Universitas Negeri Malang
Thohari Hamim. 2006. Tumbuh Kembang
Kecerdasan Emosi Nabi, Bekasi;
Pustaka Inti
Turner. J.S. & Helms. D.B. (2006). Lifespan
Development. 5 th edition. Fort Worth :
Holt, Rinehart & Winston.
Weisinger. . 2006. Emosional Intellegence At
Work, Pemandu Piki Kurniawaran dan
Prilaku Anda Untuk Meraih Kesuksesan,
PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta
Widowati. Retno. 2009. Keunggulan Metode
BCCT dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di TKIT Tiara Chandra
Jogokaryan Yogyakarta, Jurnal Psikologi
Wiyani Novan Ardy. 2014. Mengelola &
Mengembangkan Kecerdasan Sosial &
Emosi Anak Usia Dini, Yogyakarta, Ar-
Ruzz Media
Yahya. 2011. Kematangan Emosi, Pemikiran
Moral dan Kenakalan Moral Remaja,
Semarang, FIP-IKIP Emarang
Yuniani. Anggun. 2010. Pengaruh
Kecerdasan Emosional terhadap
Pemahaman Akuntansi, Semarang,
Jurnal Psikolog
Refbacks
- There are currently no refbacks.