HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI ANAK USIA DINI DAN METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) DITINJAU DARI PEMAHAMAN ORANG TUA SISWA DAN GURU DI PAUD PELANGI DAN MEGA BUANA

Yulianti Kesuma Dewi

Abstract


ABSTRAK
Hubungan antara kematangan emosi anak usia dini dan metode Beyond Center and Circle
Time (BCCT) ditinjau dari pemahaman orang tua siswa dan guru di PAUD Pelangi dan Mega
Buana Samarinda. penelitian 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan
antara kematangan emosi anak usia dini dan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) di
tinjau dari pemahaman orang tua siswa dan guru di PAUD Pelangi dan Mega Buana Samarinda.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa PAUD Pelangi dan Mega Buana Samarinda
yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik
proporsional random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala kematangan emosi
yang di adopsi dan disusun peneliti sendiri.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis korelasi produk moment dengan
bantuan program SPSS 13 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada
hubungan yang signifikan antara pemahaman orang tua dan guru terhadap kematangan emosi
dan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT), hal ini di tunjukan dengan hasil
signifikansinya sebesar 0,74 P> 0,05 sehingga hipotesis yang menyatakan tidak terdapat
hubungan yang signifikan antara pemahaman orang tua dan guru terhadap kematangan emosi
dan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT)


Keywords


Kematangan Emosi

Full Text:

PDF DOC

References


............... 2010. Kamus Besar Bahasa

Indonesia

A.A Wakisto. 2013. Kamus Bahasa Indonesia

Alwi. 2012. Penerimaan Diri pada Lanjut

Usia ditinjau dari Kematangan Emosi,

Jurnal Psikologi, Universitas Gajah

Mada

Andayani dan Koentjoro. 2008. Hubungan

Pola Asuh Terhadap Kemandirian

Personal Hygiene pada Anak

Prasekolah, Universtas Muhammadiyah,

Surabaya

Astuti Fitria. 2006. Kepribadian anak dari Ibu

yang Authoritaria, Institut Agama Islam

Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Budiarti Husana. 2013. Pola Asuh Orang Tua

Karir dalam Mendidik Anak, Universitas

Islam Negeri Sunan Kalijaga,

Yogyakarta

Chofivah. Siti. 2008. Penerapan Metode

BCCT di PAUD Unggulan Nasional

Anak Saleh Malang, Jurnal Psikologi,

Gautama. 2006. Pedoman Penerapan

Pendekatan ”Beyond Centers And

Circles Time (BBCT)” (Pendekatan

Sentra Dan Saat Lingkaran) Dalam

Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta;

Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Pendidikan Luar

Sekolah Direktorat Pendidikan Anak

Usia Dini

Goleman Daniel. 2015. Emotional Intelegent,

Gramedia, Jakarta

Gottman John. Ph.D dan DeClaire Joan. 2008.

Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Anak, Jakarta; Gramedia Pustaka Utama

Hadi. Sutrisno. 2010. Statistik , Yogyakarta,

Andi Offset

Hariwijaya dan Sukaca Eka Bertiani. 2009.

PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan

Pendidikan Sejak Dini, Yogyakarta;

Mahadhika Publising

Hamid Muhammad. Ph.D. 2010. Pedoman

Teknis Penyelenggaraan Taman

Penitipan Anak & Pedoman Teknis

Penyelenggaraan Kelompok Bermain,

Jakarta; Direktorat Pendidikan anak Usia

Dini Direktorat Jederal Pendidikan Non

Formal Dan Informal

Husada Kurniawati Anna. 2010. Hubungan

Pola Asuh dan Kecerdasan Emosi

dengan Prilaku Prososial Remaja,

Jurnal Psikologi

http://firmansyah100288.blokspot.com/2011/1

/teori-pemahaman.ttml

Maslow Abraham. 2010. The Third Force The

Psikologi of Abraham Maslow

terjemahan A Supratiknya, madzhab

ketiga Psikologi Humanistik,

Yogyakarta

Martini. 2006. Usaha Pendidikan di Sekolah

Dasar merupakan kesempatan pertama

yang baik untuk membina pribadi anak

sekolah

Moloney. Puspitasari Nuryoto. 2011.

Pengaruh Kematangan Emosi terhadap

Kecenderungan Prilaku Self Injuri pada

Remaja, Universitas Islam Negeri Syarif

Hidayatullah, Jakarta

Morrison George S. 2012. Dasar Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),

Jakarta, PT. Indeks

Musbikin Imam. Byrnes. 2012. Pintar

Pendidikan Anak Usia Dini

Murray. 2008. http//www.betteryou.com

Imron Arifin. M.Pd. 2008. Kepemimpinan

Kepala PAUD dalam

Mengimplementasikan Pembelajaran

Sentra Study Kasus PAUD/Kelompok

Bermain, Malang; KB Anak Sholih

Kurniasari. Diyah. 2010. Pendekatan

Pembelajaran BCCT di Sentra

Persiapan dalam Upaya Persiapan

Menulis Dasar, Jurnal Psikologi

Mubayidh Makmu. DR. 2006. Kecerdasan &

Kesehatan Emosional Anak, Jakarta

Timur; Pustaka al Kautsar

M. Tairas. (2009). When a Person Mature?.

Media Psikologi Indonesia 5-6. Jakarta.

Pembengo. Meriyati JS. 2014. Analisis

Tentang Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa

di SMK Negeri I Gorontalo, Universitas

Negeri Gorontalo

Purwakania. Alia B. 2014. Mengelola dan

Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan

Anak Usia Dini, Aruzz Media

Oryza. Deltanni Citra Findy. 2009. Hubungan

Kematangan Emosional dengan Stres

Kerja Perawat, Jawa Timur, Jurnal

Psikologi

Sari Endah Puspita dan Sartini Nuryoto. 2010.

Hubungan antara Kematangan Emosi

dengan Prilaku Asertif pada Mahasiswa

Untag Surabaya, Fakultas Psikologi

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Schunk Dale H. 2009. Motivation in

Education, new jursy, Prentice hall.Inc

Syamsu Yusuf. (2008). Psikologi

Perkembangan Anak dan Remaja.

Bandung : P.T Remaja Rosdakarya.

Sukaji. Ratnawati. 2005. Hubungan

Kematangan Emosi dengan Konsep Diri

pada Anak Jalanan di Kota Malang,

Fakultas Pendidikan Psikologi,

Universitas Negeri Malang

Thohari Hamim. 2006. Tumbuh Kembang

Kecerdasan Emosi Nabi, Bekasi;

Pustaka Inti

Turner. J.S. & Helms. D.B. (2006). Lifespan

Development. 5 th edition. Fort Worth :

Holt, Rinehart & Winston.

Weisinger. . 2006. Emosional Intellegence At

Work, Pemandu Piki Kurniawaran dan

Prilaku Anda Untuk Meraih Kesuksesan,

PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta

Widowati. Retno. 2009. Keunggulan Metode

BCCT dalam Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam di TKIT Tiara Chandra

Jogokaryan Yogyakarta, Jurnal Psikologi

Wiyani Novan Ardy. 2014. Mengelola &

Mengembangkan Kecerdasan Sosial &

Emosi Anak Usia Dini, Yogyakarta, Ar-

Ruzz Media

Yahya. 2011. Kematangan Emosi, Pemikiran

Moral dan Kenakalan Moral Remaja,

Semarang, FIP-IKIP Emarang

Yuniani. Anggun. 2010. Pengaruh

Kecerdasan Emosional terhadap

Pemahaman Akuntansi, Semarang,

Jurnal Psikolog


Refbacks

  • There are currently no refbacks.