KEEFEKTIFAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA SISWA YANG KESULITAN MEMBACA DI SDN 004 SAMARINDA SEBERANG
Abstract
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode membaca
Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa SD kelas II yang kesulitan
membaca dan faktor yang mendukung efektifitas metode Struktural Analitik
Sintetik (SAS) tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif, metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Subjek dalam
penelitian ini adalah dua orang siswa kelas II SDN 004 Samarinda Seberang dan
satu orang guru. Data penelitian ini bersumber dari wawancara guru dan orang tua
serta observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Struktural
Analitik Sintetik (SAS) yang dilaksanaakan di SDN 004 Samarinda Seberang
belum efektif karena kurangnya waktu pengajaran metode SAS dan kurangnya
dukungan dari orang tua.
ABSTRACT
This study aims to determine the effectiveness of structural analytical synthetic
method reading at II grade elementary school students who have difficulty
reading and factors that support the effectiveness of the synthetic methods of
structural analytic. This study used a qualitative descriptive study, the method
used is the case study method. Subjects in this study were two second grade
students of SDN 004 Samarinda across and one teacher. The research data was
derived from interviews of teachers and parents as well as direct observation.
Results showed that the structural analytical synthetic method carried out in
SDN 004 Samarinda aross ineffective due to lack of time teaching method SAS
and lack of support from parents.
Keywords
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka
Cipta.
Ahmadi, A & Sholeh, M. (2005).
Psikologi Perkembangan. Jakarta.
Rineka Cipta.
Baso,A,S., Efendi., & Barasandji,S.
(2011). Peningkatan
Kemampuan Siswa Membaca
Permulaan Melalui Metode
SAS di Kelas II SDN Pinotu.
Jurnal Kreatif Tadulaku, 2, 1.
Contoh surat pernyataan keaslian
skripsi (2013, 1 Agustus).
Mobile Friendly [on-line].
Diaskes pada tanggal 7
Oktober 2015 dari
http://contohsuratIndonesia.c
om/contoh-surat-pernyataan-
keaslian-skripsi/
Dahniar. (2013). Peningkatan
Keterampilan Membaca
Lanjutan Dengan Metode
SAS Siswa Kelas II SDN 2
Ogowele. Jurnal Kreatif
Tadulako, 4, 235-614.
Dewantara, I.P.M. (2012).
Identifikasi Faktor Penyebab
Kesulitan Belajar
Keterampilan Berbicara
Siswa Kelas VIIE SMPN 5
Negara dan Strategi Guru
Untuk Mengatasinya.
Dr. Baswori, M.Pd., & Dr. Suwandi,
M.Si. (2008). Memahami
Penelitian Kualitatif. Jakarta.
Rineka Cipta.
Erniati. (2013). Peningkatan
Kemampuan Membaca
Permulaan Menggunakan
Metode Strktural Analitik
Sintetik di Kelas I Sekolah
Dasar Negeri 18 Sadaniang.
Jurnal Penelitian. Universitas
Tanjung Pura Pontianak.
Fitriyati. (2004). Kemampuan
Membaca Permulaan Siswa
Kelas 1 SD Ditinjau dari
Kesadaran Fonologis dan
Intelegensi, Tesis, Universitas
Gadjah Mada.
Iskandar. (2012). Psikologi
Pendidikan. Jambi. Referensi.
Jamaris M. (2014). Kesulitan
Belajar. Bogor: Ghalia
Indonesia.
Kesulitan Membaca (2015, 15
April). Wikipedia [on-line].
Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Diaskes pada tanggal 15
April 2015 dari
https://id.m.wikipedia.org/wi
ki/Disleksia#/search.
Muhibin, N.A. (2011, 11 Oktober).
Kekurangan dan Kelebihan
Metode SAS [on-line].
Diaskes pada tanggal 3
Oktober 2015 dari hhtp:
//uyunkachmed.blogspot.co.id
/2011/10/kekurangan-dan-
kelebihan-dari-tiap.html?m=l
Muhlisian, A.A. (2013). Metode
Penelitian Kualitatif.
Universitas Pendidikan
Indonesia, 3.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan
(Mixed Methods). Bandung:
Alfabeta.
Suryani, E. Y. (2010). Kesulitan
Belajar. Magistra. No. 73.
Sutrina., Sopandi, A.A., &
Rahmahtrisilvia. (2013).
Meningkatkan Kemampuan
Membaca Kata Melalui
Metode Suku Kata Bagi Anak
Kesulitan Belajar Kelas I di
SDN 03, Jurnal Ilmiah
Pendidikan Khusus, 2, 362-
Syah, M. (2013). Psikologi
Pendidikan. Bandung. PT
Remaja Rosdakarya Offset.
Widayanti, G.C., Rusmawati, D., &
Siswati. (2012). Profil
Inteligensi Pada Siswa
Dengan Kesulitan Belajar di
SD Negeri GISIKDRONO
Semarang, Jurnal Psikologi
Undip, 11, 1-2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.