KEEFEKTIFAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA SISWA YANG KESULITAN MEMBACA DI SDN 004 SAMARINDA SEBERANG

Dian Permata Dewi

Abstract


                                                INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode membaca
Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa SD kelas II yang kesulitan
membaca dan faktor yang mendukung efektifitas metode Struktural Analitik
Sintetik (SAS) tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif, metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Subjek dalam
penelitian ini adalah dua orang siswa kelas II SDN 004 Samarinda Seberang dan
satu orang guru. Data penelitian ini bersumber dari wawancara guru dan orang tua
serta observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Struktural
Analitik Sintetik (SAS) yang dilaksanaakan di SDN 004 Samarinda Seberang
belum efektif karena kurangnya waktu pengajaran metode SAS dan kurangnya
dukungan dari orang tua.

                                               ABSTRACT

This study aims to determine the effectiveness of structural analytical synthetic
method reading at II grade elementary school students who have difficulty
reading and factors that support the effectiveness of the synthetic methods of
structural analytic. This study used a qualitative descriptive study, the method
used is the case study method. Subjects in this study were two second grade
students of SDN 004 Samarinda across and one teacher. The research data was
derived from interviews of teachers and parents as well as direct observation.
Results showed that the structural analytical synthetic method carried out in
SDN 004 Samarinda aross ineffective due to lack of time teaching method SAS
and lack of support from parents.


Keywords


Metode SAS, Kesulitan Membaca

Full Text:

PDF DOC

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka

Cipta.

Ahmadi, A & Sholeh, M. (2005).

Psikologi Perkembangan. Jakarta.

Rineka Cipta.

Baso,A,S., Efendi., & Barasandji,S.

(2011). Peningkatan

Kemampuan Siswa Membaca

Permulaan Melalui Metode

SAS di Kelas II SDN Pinotu.

Jurnal Kreatif Tadulaku, 2, 1.

Contoh surat pernyataan keaslian

skripsi (2013, 1 Agustus).

Mobile Friendly [on-line].

Diaskes pada tanggal 7

Oktober 2015 dari

http://contohsuratIndonesia.c

om/contoh-surat-pernyataan-

keaslian-skripsi/

Dahniar. (2013). Peningkatan

Keterampilan Membaca

Lanjutan Dengan Metode

SAS Siswa Kelas II SDN 2

Ogowele. Jurnal Kreatif

Tadulako, 4, 235-614.

Dewantara, I.P.M. (2012).

Identifikasi Faktor Penyebab

Kesulitan Belajar

Keterampilan Berbicara

Siswa Kelas VIIE SMPN 5

Negara dan Strategi Guru

Untuk Mengatasinya.

Dr. Baswori, M.Pd., & Dr. Suwandi,

M.Si. (2008). Memahami

Penelitian Kualitatif. Jakarta.

Rineka Cipta.

Erniati. (2013). Peningkatan

Kemampuan Membaca

Permulaan Menggunakan

Metode Strktural Analitik

Sintetik di Kelas I Sekolah

Dasar Negeri 18 Sadaniang.

Jurnal Penelitian. Universitas

Tanjung Pura Pontianak.

Fitriyati. (2004). Kemampuan

Membaca Permulaan Siswa

Kelas 1 SD Ditinjau dari

Kesadaran Fonologis dan

Intelegensi, Tesis, Universitas

Gadjah Mada.

Iskandar. (2012). Psikologi

Pendidikan. Jambi. Referensi.

Jamaris M. (2014). Kesulitan

Belajar. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Kesulitan Membaca (2015, 15

April). Wikipedia [on-line].

Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Diaskes pada tanggal 15

April 2015 dari

https://id.m.wikipedia.org/wi

ki/Disleksia#/search.

Muhibin, N.A. (2011, 11 Oktober).

Kekurangan dan Kelebihan

Metode SAS [on-line].

Diaskes pada tanggal 3

Oktober 2015 dari hhtp:

//uyunkachmed.blogspot.co.id

/2011/10/kekurangan-dan-

kelebihan-dari-tiap.html?m=l

Muhlisian, A.A. (2013). Metode

Penelitian Kualitatif.

Universitas Pendidikan

Indonesia, 3.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan

(Mixed Methods). Bandung:

Alfabeta.

Suryani, E. Y. (2010). Kesulitan

Belajar. Magistra. No. 73.

Sutrina., Sopandi, A.A., &

Rahmahtrisilvia. (2013).

Meningkatkan Kemampuan

Membaca Kata Melalui

Metode Suku Kata Bagi Anak

Kesulitan Belajar Kelas I di

SDN 03, Jurnal Ilmiah

Pendidikan Khusus, 2, 362-

Syah, M. (2013). Psikologi

Pendidikan. Bandung. PT

Remaja Rosdakarya Offset.

Widayanti, G.C., Rusmawati, D., &

Siswati. (2012). Profil

Inteligensi Pada Siswa

Dengan Kesulitan Belajar di

SD Negeri GISIKDRONO

Semarang, Jurnal Psikologi

Undip, 11, 1-2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.