PELATIHAN GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMPIT NURUL ‘ILMI

Rudiono . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemberian pelatihan goal setting dalam meningkatkan motivasi berprestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa SMPIT Nurul „Ilmi Tenggarong. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa SMPIT Nurul „Ilmi, 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi berprestasi menghafal Al-Qur‟an. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre post control group design. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan mengunakan uji Anova Repeated Measures. Penelitian ini membuktikan pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi berprestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa. Karena hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai F = 49.496 dan p = 0.000, p < 0.05. Hal ini menunjukkan adanya interaksi antara pengukuran (prates, pascates, dan tindak lanjut) dan kelompok (eksperimen dan kontrol). Interaksi menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor yang berbeda secara signifikan dari prates, pascates, dan tindak lanjut antara kedua kelompok.Sehingga disarankan bagi guru dan siswa agar menjadikan pelatihan goal setting berguna dalam meningkatkan motivasi Menghafal Al-Qur‟an.

Keywords


Pelatihan Goal Setting, Motivasi Berprestasi, Menghafal Al-Qur‟an,

Full Text:

PDF DOC

References


Abdul Rauf, Abdul Aziz. 2011. Kiat sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah,

Bandung:PT. Syamil Cipta Media

Ancok, D, 2002. Outbound Management Training: Aplikasi Ilmu Perilaku Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, MI Press: Yogyakarta.

Ariyani, D., Supriyanto, S. 2003. Peningkatan Efektivitas Tim Kerja Asuhan Keperawatan Melalui Metode Arung Alam. Jurnal Administrasi, kebijakan, kesehatan Vol. 1, No. 3 hal 140-145. Surabaya: Universitas Airlangga.

Azwar, S. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Clarke, S.P., Crowe,T.P., Oades,L.G., & Deane,F.P. 2009. Do Goal-setting intervention improve the quality of goal in mental healt services.Psychiatric rehabilitation journal,32 (4), 292-299

Harackiewicz, J. M., Sansone, C., & Manderlink, G. 1985. Competence, achievement orientation, and intrinsic motivation: A process analysis. Journal of personality and sosial psychology, 48 (2), 493-508

Haslam, S. A., Wegge, J., & Pastmes, T. 2009. Are we on a lerning curve or a treadmill? The benefits of participative group goal setting become apparent as tasks become increasingly challenging over time. Europian journal of social psychology. 39, 430-446.

Johnson, D.W & Johnson, F.P. 2007. Joining Together: Group Theory and Group Skills. Boston: Allyn & Bacon.

Locke, E. A., & Latham, G. P. 2013. New Developments of Goal Setting and Task Performance. New York: Routledge.

McClelland, D.C. 1987. The Achievement Motive. New York: Appleton Century Crof.

Morisano, D., Hirsh, J. B., Peterson, J., R. O.,& Shore, B.M. 2010. Srtting, elaborating, and reflecting on personal goal improves academic performance. Journal of applied psychology, 95 (2), 255-264.

Musyafik, M. 2005. Peningkatan Efikasi Diri Melalui Outbond Pada Mahasiswa Tingkat Awal. Tesis (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Mansfield, C. 2010. Motivating adolescents: Goals for Australian students in secondary schools. Australian Journal of Educational & Developmental Psychology. 10 (10), 44-55.

Pintrich, Paul R & Dale H. Schunk. 1996. Motivation in Education, Theory, Research, and Application. Ohio : Prentice Hall.

Ramadhan, Y. 2015. Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Menghafal Al-Qur‟an Pada Santri di Rumah Tahfidz “X” . Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia

Robbin, S.P. (2009). Organizational Behavior:Concept, Controversies, and Aplication. 11th Edition.Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Salim, A. 2016. Efektivitas Pelatihan Motivasional Goal Setting Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi. Jurnal Student Psikologi Vol. 2016. No.3. Padang: Universitas Negeri Padang

Santrock, J.W. 2013. Psikologi Pendidikan, Edisi kedua. Jakarta: Kencana

Seniati, L., Yulianto, A., Setiadi,B.N. 2005. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Tunas Jaya Lestari.

Sukadji, S. 2001. Sukses di Perguruan Tinggi. Depok : Tidak di terbitkan.

Winarsunu, T. 2007. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.