PENGARUH KONFORMITAS DAN HARGA DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN MENJADI KORBAN KEKERASAN (BULLYING VICTIM) PADA REMAJA

Nur Ikhsanifa .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan harga diri terhadap kecenderungan menjadi korban kekerasan pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian kausal. Penelitian ini melibatkan 198 orang remaja yang duduk di kelas X (Sepuluh), XI (Sebelas), dan XII (Dua belas) di SMK Negeri 5 Samarinda. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh antara konformitas dan harga diri terhadap kecenderungan menjadi korban kekerasan pada remaja (R = 0,277, p<0.05). Ditemukan pula bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara konformitas terhadap korban kekerasan (β = -0,348, p<0,05) dan harga diri terhadap korban kekerasan (β = -0,497 ,p<0,05).

Keywords


Konformitas, Harga Diri, Korban Kekerasan, Remaja

Full Text:

PDF DOC

References


Adilia, M. D. 2009. Hubungan Antara Self-Esteem dengan Optimisme Meraih Kesuksesan Karir Mahasiswa. Skripsi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah.

Adilla, N. 2010. Pengaruh Kontrol Sosial terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

American Association of School Administrators. 2009. Bullying at school and online. Education Holdings, Inc.

Azwar, Saifuddin. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ISBN 979-9289-08-5

Baron, R.A & Byrne, D. 2008. Psikologi Sosial, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Branden, N. 2005. Kekuatan Harga Diri (The Power of Self-Esteem). Alih Bahasa: Anna Natanael. Batam: Interaksara.

Cassidy, T. 2009. Bullying and Victimization in school children: The role of social identity, problem solving style and family and school context. Social Psychology Education.

Christoporus, A. W. 2007. Perilaku Bullying Ditinjau Dari Harga Diri dan Pemahaman Moral Anak. Jurnal Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Cipto & Kuncoro, Joko. 2009. Harga diri dan Konformitas terhadap kelompok dengan perilaku minum minuman beralkohol pada remaja. Jurnal Psikologi, 5 (1).

Coloroso, Barbara. 2006. The Bully, The Bullied and The Bystander. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying:Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Dewinda, H. R., & Rachmawati, M. A. 2008. Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Kemandirian. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Barat.

Djuwita, Ratna. 2007. Bullying, Kekerasan Terselubung di Sekolah. Diunduh 26 Oktober 2013 pukul 17.44 dari www.anakku.net

Feist, Jess & Feist, Gregory, J. 2008. Theories of Personality 6th Edition. New York: Mc Graw Hill Companies Inc.

Fika, L. 2008. Hubungan Karakteristik Anak Usia Sekolah dengan Kejadian Bullying di Sekolah Dasar X di Bogor. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Gunarsa, Singgih. 2013. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hadi, S. 2000. Statistik Jilid II. Yogyakarta: Andi.

Heath, M. A., & Sheen, D. 2005. School based crisis intervention: preparing all personel to assist. New York: The Gillford Press.

Hurlock, E. B. 2003. Adolescence Develpoment. Tokyo: Mc Graw Hill, Kogakusha Ltd.

Hurlock, E. B. 2007. Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Indar, Agnes. 2008. Awas! Bullying. www.kompas.com

Kartono, K. 2013. Patologi Sosial 2, Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Levianti. 2008. Konformitas dan Bullying pada Siswa. Jurnal Skripsi Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul.

Liow, C. J. 2009. Hubungan Bullying dengan Harga Diri pada Remaja Siswa Sekolah yang Menjadi Korban Bullying. Jurnal Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Mantiri, G. P., & Andriani, F. 2009. Pengaruh Konformitas dan persepsi mengenai pola asuh otoriter orang tua terhadap kenakalan remaja (Juvenile Deliquency). Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, 1 (2).

Milsom, A., & Gallo, L. L. 2006. Bullying in middle school prevention and intervention. Middle School Journal, 37 (3): 12-19.

Monks, F.J. 2004. Psikologi Perkembangan, Pengantar Dalam Berbagai Bagian. Alih Bahasa: Siti Aditona. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mruk, C.J. 2006. Self-esteem research, theory and practice. New York: Springer Publishing Company.

Muttaqin, Fadhli. 2013. Bullying Marak di Sekolah Menengah Atas. www.kompas.com

Myers, D.G. 2005. Social Psychology. New York: Mc. Graw Hill Book Company.

Riauskina, I. I., Djuwita R., dan Soesetio, S. R. 2005. Gencet-gencetan di Mata Siswa/Siswi Kelas 1 SMA: Naskah Kognitif tentang Arti, Skenario, dan Dampak Gencet-Gencetan, Jurnal Psikologi Sosial.

Rigby, K. 2007. Bullying in schools. Melbourne: Australian Council for Educational Research.

Sandha, T., Hartati, S., & Fauziyah, N. 2008. Hubungan Antara Harga Diri dengan Penyesuaian diri pada Remaja. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 1 (1).

Santrock, J. W. 2003. Adolescence, Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. 2007. Life-Span Development, Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sari, Puspita., Citra. 2009. Harga Diri Remaja Putri yang telah Melakukan Hubungan Seks Pranikah. Jurnal Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Sarwono, S. W. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta; Balai Pustaka.

Sears, D. 2002. Psikologi Sosial Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Soekanto, S. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sullivan, K & Cleary, M. 2004. Bullying in secondary schools. California: Corwin Press.

Suryanis, Afrilia. 2013. Kasus SMP Negeri 4 Jakarta Menyita Banyak Pihak. www.tempo.co.id

Trevi. 2010. Sikap Siswa SMK terhadap Bullying. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul.

Wulansari, D. 2005. Fenomena Korban Perilaku Bullying pada Remaja Dalam Dunia Pendidikan. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA). 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.