PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DAN SELF-ESTEEM TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONALSISWA REMAJA DI SMK NEGERI 7 SAMARINDA

Fentty Sukistiawati Sukistiawati .

Abstract


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh metode pembelajaran brainstorming
dan self-esteem terhadap kecerdasan interpersonal remaja pertengahan di SMK Negeri 7 Samarinda.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar sumbangan efektifitas yang diberikan oleh
variabel Brainstorming dan variabel Self-Esteem terhadap variabel kecerdasan interpersonal. Penelitian
ini dilakukan pada siswa remaja usia 15-18 tahun yang menjadi siswa di SMK Negeri 7 Samarinda yang
telah diterapkan metode pembelajaran brainstorming dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa (N=90).
Alat pengumpulan data berupa kuesioner metode pembelajaran brainstorming yang terdiri dari 20 item,
kuesioner self-esteem yang terdiri dari 20 item dan kuesioner kecerdasan interpersonal yang terdiri dari 20
item. Analisis data dilakukan dengan korelasi analisis berganda dengan bantuan dari SPSS 13.0 For
Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara metode pembelajaran
brainstorming dan self-esteem dengan kecerdasan interpersonal sebesar F= 37.733, R2= 0,452 dan p=
0,000 (nilai p = 0,000 < 0,005).

 

 


Full Text:

PDF Doc

References


Ali, Muhammad., Asrori, Muhammad.

(2012). Psikologi Remaja

Perkembangan Peserta Didik.

Jakarta : PT Bumi Aksara. ISBN

-526-959-3.

Ananda, Risky Mariassa. (2013). Self-

Esteem Antara Ibu Rumah Tangga

Yang Bekerja Dengan Yang Tidak

Bekerja. Jurnal online psikologi,

Vol. 01, No. 01, hlm 40-54.

Armstrong, Thomas. (2013). Kecerdasan

Multiple Di Dalam Kelas. Jakarta:

PT Indeks. ISBN 978-1-4166-0789-

Azwar, Saifuddin. (2003). Penyusunan

Skala Psikologi. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar. ISBN 979-9289-08-

Barus, Adrian. (2011). Penerapan Model

Pembelajaran Brainstorming Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar,

Kemampuan Kritis Dan Kreatif

Siswa SMKN-2 Kabanjahe Pada

Materi Trigonometri. Suara

pendidikan, Vol 29 No. 1, hlm 25-

Branden, Nathaniel. (2005). Kekuatan

Harga Diri. Jakarta : Intraksara.

Dugosh Leggett Karen., Paulus Paul B.

(2005). Cognitive And Social

Comparison Processes In

Brainstorming. Journal of

Experimental Social Psychology

Vol. 41, hlm. 313–320.

Ghufron, Nur. M., Risnawita, Rini. S.

(2010). Teori-Teori Psikologi.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. ISBN

-979-25-4708-5.

Mursid, R., Samio. (2011). Pengaruh

strategi pembelajaran dan

kecerdasan interpersonal terhadap

hasil belajar sosiologi siswa kelas X

SMA Negeri 8 Medan. Jurnal

Teknologi Pendidikan, hlm 1-13.

Prasetyo, Bambang., Jannah, L. M. 2011.

Metode Penelitian Kuantitatif : Teori

Dan Aplikasi. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada/Rajawali Pers.

ISBN 979-769-008-3.

Puspawerdini, Ambar. (2010). Pengaruh

Metode Bermain Peran Terhadap

Kecerdasan Interpersonal Anak

Taman Kanak-Kanak. Jurnal FKIP,

hlm. 1-7.

Rahmania., Yuniar, Ika. (2012). Hubungan

Antara Self-Esteem Dengan

Kecendrugan Body Dysmorphic

Disorder Pada Remaja Putri. Jurnal

Psikologi klinis dan kesehatan

mental, Vol. 1, No. 2. 110-117.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

ISBN 978-979-518-171-2.

Rofieq, Muhammad. (2012). Perancangan

Almari Pakaian Bayi Serbaguna

Memalui Brainstorming Dengan Ibu

Rumah Tangga. Jurnal Teknik

Industri, Vol 13 No 1, 101-107.

JURNAL SKRIPSI Oleh Fentty Sukistiawati Page | 10

Rumini, Sri., Sundari, Siti. (2004).

Perkembangan Anak Dan Remaja.

Jakarta : PT Rineka Cipta. ISBN

-518-907-7.

Safaria, T. (2005). Interpersonal

Intelligence. Yogyakarta : Amara

Books. Isbn 979-3485-37-X.

ŞAHİN, Ertuğrul., BARUT, Yaşar.,

ERSANLI, Ercüment. (2013).

Parental Education Level Positively

Affects Self-Esteem of Turkish

Adolescents. Journal of Education

and Practice, Vol.4, No.20. 87-97.

Sandha, timorora., Hartati, Sri., fauziah,

Nailul. (2012). Hubungan antara self

esteem dengan penyesuaian diri

pada siswa tahun pertama sma

Krista mitra semarang. Jurnal

psikologi. Vol. 1 No.1, 47-82.

Santrock, W. John. (2003). Adolescence

Perkembangan Remaja. Jakarta :

Erlangga. ISBN 979-688-910-2.

Sartika, Ria., chairilsyah, daviq., risma,

devi. (2013). Pengaruh Komunikasi

Orang Tua Terhadap Kecerdasan

Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun

Di TK Education 21 KULIM

Pekanbaru. Jurnal FKIP, hlm. 1-8.

Sarwono, Sarlito. W., Meinarno, Eko. A.

(2009). Psikologi Sosial. Jakarta :

Salemba Humanika. ISBN 978-602-

-04-3.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, Dan R&D). Bandung :

Alvabeta. ISBN 979-8433-71-8.

Szcześniak, Małgorzata., Colaço, Melusina.,

Rondón Gloria. (2012). Development

Of Interpersonal Trust Among

Children And Adolescents. Vol. 43

No.1. 50-58.

Widowati, Asri. (2010). Brainstorming

Sebagai Alternative Pengembangan

Berfikir Kreatif Dalam

Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal

Biologi Edukasi Vol 2 No. 2, 17-22.

Yamin, Martinis. (2012). Desain Baru

Pembelajaran Konstruktivistik.

Jakarta: Refrensi. ISBN 978-979-

-4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.