PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DAN SELF-ESTEEM TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONALSISWA REMAJA DI SMK NEGERI 7 SAMARINDA
Abstract
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh metode pembelajaran brainstorming
dan self-esteem terhadap kecerdasan interpersonal remaja pertengahan di SMK Negeri 7 Samarinda.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar sumbangan efektifitas yang diberikan oleh
variabel Brainstorming dan variabel Self-Esteem terhadap variabel kecerdasan interpersonal. Penelitian
ini dilakukan pada siswa remaja usia 15-18 tahun yang menjadi siswa di SMK Negeri 7 Samarinda yang
telah diterapkan metode pembelajaran brainstorming dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa (N=90).
Alat pengumpulan data berupa kuesioner metode pembelajaran brainstorming yang terdiri dari 20 item,
kuesioner self-esteem yang terdiri dari 20 item dan kuesioner kecerdasan interpersonal yang terdiri dari 20
item. Analisis data dilakukan dengan korelasi analisis berganda dengan bantuan dari SPSS 13.0 For
Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara metode pembelajaran
brainstorming dan self-esteem dengan kecerdasan interpersonal sebesar F= 37.733, R2= 0,452 dan p=
0,000 (nilai p = 0,000 < 0,005).
References
Ali, Muhammad., Asrori, Muhammad.
(2012). Psikologi Remaja
Perkembangan Peserta Didik.
Jakarta : PT Bumi Aksara. ISBN
-526-959-3.
Ananda, Risky Mariassa. (2013). Self-
Esteem Antara Ibu Rumah Tangga
Yang Bekerja Dengan Yang Tidak
Bekerja. Jurnal online psikologi,
Vol. 01, No. 01, hlm 40-54.
Armstrong, Thomas. (2013). Kecerdasan
Multiple Di Dalam Kelas. Jakarta:
PT Indeks. ISBN 978-1-4166-0789-
Azwar, Saifuddin. (2003). Penyusunan
Skala Psikologi. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar. ISBN 979-9289-08-
Barus, Adrian. (2011). Penerapan Model
Pembelajaran Brainstorming Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar,
Kemampuan Kritis Dan Kreatif
Siswa SMKN-2 Kabanjahe Pada
Materi Trigonometri. Suara
pendidikan, Vol 29 No. 1, hlm 25-
Branden, Nathaniel. (2005). Kekuatan
Harga Diri. Jakarta : Intraksara.
Dugosh Leggett Karen., Paulus Paul B.
(2005). Cognitive And Social
Comparison Processes In
Brainstorming. Journal of
Experimental Social Psychology
Vol. 41, hlm. 313–320.
Ghufron, Nur. M., Risnawita, Rini. S.
(2010). Teori-Teori Psikologi.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. ISBN
-979-25-4708-5.
Mursid, R., Samio. (2011). Pengaruh
strategi pembelajaran dan
kecerdasan interpersonal terhadap
hasil belajar sosiologi siswa kelas X
SMA Negeri 8 Medan. Jurnal
Teknologi Pendidikan, hlm 1-13.
Prasetyo, Bambang., Jannah, L. M. 2011.
Metode Penelitian Kuantitatif : Teori
Dan Aplikasi. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada/Rajawali Pers.
ISBN 979-769-008-3.
Puspawerdini, Ambar. (2010). Pengaruh
Metode Bermain Peran Terhadap
Kecerdasan Interpersonal Anak
Taman Kanak-Kanak. Jurnal FKIP,
hlm. 1-7.
Rahmania., Yuniar, Ika. (2012). Hubungan
Antara Self-Esteem Dengan
Kecendrugan Body Dysmorphic
Disorder Pada Remaja Putri. Jurnal
Psikologi klinis dan kesehatan
mental, Vol. 1, No. 2. 110-117.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
ISBN 978-979-518-171-2.
Rofieq, Muhammad. (2012). Perancangan
Almari Pakaian Bayi Serbaguna
Memalui Brainstorming Dengan Ibu
Rumah Tangga. Jurnal Teknik
Industri, Vol 13 No 1, 101-107.
JURNAL SKRIPSI Oleh Fentty Sukistiawati Page | 10
Rumini, Sri., Sundari, Siti. (2004).
Perkembangan Anak Dan Remaja.
Jakarta : PT Rineka Cipta. ISBN
-518-907-7.
Safaria, T. (2005). Interpersonal
Intelligence. Yogyakarta : Amara
Books. Isbn 979-3485-37-X.
ŞAHİN, Ertuğrul., BARUT, Yaşar.,
ERSANLI, Ercüment. (2013).
Parental Education Level Positively
Affects Self-Esteem of Turkish
Adolescents. Journal of Education
and Practice, Vol.4, No.20. 87-97.
Sandha, timorora., Hartati, Sri., fauziah,
Nailul. (2012). Hubungan antara self
esteem dengan penyesuaian diri
pada siswa tahun pertama sma
Krista mitra semarang. Jurnal
psikologi. Vol. 1 No.1, 47-82.
Santrock, W. John. (2003). Adolescence
Perkembangan Remaja. Jakarta :
Erlangga. ISBN 979-688-910-2.
Sartika, Ria., chairilsyah, daviq., risma,
devi. (2013). Pengaruh Komunikasi
Orang Tua Terhadap Kecerdasan
Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun
Di TK Education 21 KULIM
Pekanbaru. Jurnal FKIP, hlm. 1-8.
Sarwono, Sarlito. W., Meinarno, Eko. A.
(2009). Psikologi Sosial. Jakarta :
Salemba Humanika. ISBN 978-602-
-04-3.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, Dan R&D). Bandung :
Alvabeta. ISBN 979-8433-71-8.
Szcześniak, Małgorzata., Colaço, Melusina.,
Rondón Gloria. (2012). Development
Of Interpersonal Trust Among
Children And Adolescents. Vol. 43
No.1. 50-58.
Widowati, Asri. (2010). Brainstorming
Sebagai Alternative Pengembangan
Berfikir Kreatif Dalam
Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal
Biologi Edukasi Vol 2 No. 2, 17-22.
Yamin, Martinis. (2012). Desain Baru
Pembelajaran Konstruktivistik.
Jakarta: Refrensi. ISBN 978-979-
-4
Refbacks
- There are currently no refbacks.