Analisis Korelasi Antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat

Lili Suharni, Suhardiman Suhardiman, Jamiah Jamiah

Abstract


This research aims to find out whether Job Satisfaction has a positive correlation with employee performance in the West Kutai Regency Social Service. The results showed that there was a positive and significant relationship between the Job Satisfaction variable and the Performance variable of West Kutai Regency Social Service Employees. This can be known from the results of statistical tests where the correlation coefficient (r) is 0.684 which means there is a strong and positive relationship between the two variables. Meanwhile, the results of the t test (t-test) showed that the resulting empirical t was 3,856. This result when compared to the table of critical prices t for n – 2 is 1.717. This means that there is a significant relationship and influence between the Job Satisfaction variable and Employee Performance. Thus, it can also be said that the purpose of this research can be achieved, problems can be solved, and hypotheses can be proven.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kepuasan Kerja mempunyai korelasi yang positif dengan Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Kepuasan Kerja dengan variabel Kinerja Pegawai Dinas Sosial Kabupaten Kutai Barat.  Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,684 yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan positif diantara kedua variabel. Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar 3,856.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,717.  Ini berarti terdapat hubungan dan pengaruh yg signifikan antara variabel Kepuasan Kerja dengan Kinerja Pegawai.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.


Keywords


Job satisfaction and employee performance.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. ManajemenPenelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, M. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Media Kompetindo.

As'ad, M. 2003. Psikologi Industri: Seri Sumber Daya Manusia. Yogjakarta : Liberty.

Atmojo, D.S. 2000. “Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kedisiplinan Karyawan pada Perusda Objek Wisata Tawangmangu”. Tesis tidak Dipublikasikan Pascasarjana UMS Surakarta.

BacaL, R. 2002. Performance Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Indonesia.

Hamid, E.S., Rowi, Budiman. 2003. Membangun Profesional Muhammadiyah. Yogjakarta: LPTP Muhammadiyah dan UAD PRESS.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: BPFE.

Hasibuan. M. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta.

Hasibuan. M.2003. Organisasi dan Motivasi: Dasar Pemngkatan Produktivitas. Jakarta : Bumi Aksara.

Heidjrachman dan Suad Husnan. 2002. Manajemen Personalia. Yogjakarta: BPFE.

Kuncoro, M. 2004. Metode Kuantitatif . Yogjakarta: UPP AMP.

Martoyo, S. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: BPFE.

Mintardjo, S.D. 2002. “Pengoruh Motivasi Kerja dan Keefektifan Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kantor BAPPEDA Kabupaten Boyolali”. Tesis tidak Dipublikasikan, Program Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusminto, B. 2001. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Disiplin Kerja Aparatur Sekretariat Daerah Kabupaten Grobogan. Tesis tidak Dipublikasikan, Program Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sekaran, U. 2003. Research Methods for Business. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Setiaji, B. 2004. Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siagian, S. P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Indonesia.

Sudjana. 2002. Metoda Stattistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono dan Wibowo, E. 2002. Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Altabeta.

Sukardi dan Anwar, S. 2004. Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Jogjakarta: UII Press.

Sule, E. 2002. “Keterkaitan antara Kepuasan Kerja Karyawan dan Kepuasan Pelanggandengan Kinerja Perusahaan” dalam Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol.2,No.2, STIE YKPN, Yogjakarta.

Sunarto. 2005. “Pengaruh Faktor-faktor Kepuasan Kerja terhadap Disiplin Kerja Pegawai Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Bengawan Solo di Surakarta”. Tesis tidak Dipublikasikan, Program Pascasarjana, UMS Surakarta.

Tamin, F. 2002. Pedoman Pengembangan Budaya Kerja. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.

Timpe, D.A. 1999. Motivasi Pegawai: Seri Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Timpe, D.A. 1999. Produktivitas: Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Wahyuddin, M.. 2004. Industri dan Orientasi Ekspor. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Wahyuddin. M. dan Narimo. 2005. “Faktor-faktor Penentu Produktivitas Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar: Pendekatan LPM dan Multinominal Logistik Model. Jurnal BENEFIT. Vol.9, No.1, Fakultas Ekonomi, UMS Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v1i1.6075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id