Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan E-KTP Pada Kantor Kecamatan Samarinda Ilir

Rita Astuti

Abstract


The purpose of this study was to determine and analyze and describe the application of the principles of good governance in the service of e-ID card Samarinda District Office Ilir and know the supporting factors and obstacles in the implementation of Good Governance in the Public service in the District Office Samarinda Ilir. This research included qualitative descriptive research. Descriptive research is to gain a clearer picture of the phenomena that occur in relation to the problems examined. The research instrument is a researcher himself, and once served as a data collector. Researcher as research instrument aims to obtain valid data and reliable. It may be filled due to direct researchers to the field observation and interviews with informants. The data analysis technique used is the analysis of the model Interactive (Interactive Model of Analysis), which includes activities Condensation, data presentation and conclusion (verification).  The results showed that the application of Good Governance in the service E-KTP on Samarinda Ilir District Office is to increase accountability and transparency of the double meaning of the law suppressor space to increase effectiveness and efficiency in service delivery.  As for the factor that inhibit the persistence of the district of devices that have not been trained in the use of computer so that the public service is sometimes hampered and discipline officers or their local government in providing public services. While the factors that support good governance (good governance) in addition to the commitment of government embodied in public policy decisions is also the insistence of public.


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalis serta menggambarkan penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam pelayanan e-ktp Kantor Kecamatan Samarinda Ilirdan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Good Governance Dalam pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang fenomena-fenomena yang terjadi dalam kaitannya dengan masalah yang diteliti. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, dan sekaligus berperan sebagai alat pengumpul data. Peneliti sebagai instrument penelitian bertujuan untuk mendapatkan data yang valid dan realible. Hal ini mungkin dapat dipenuhi karena peneliti langsung ke lapangan melakukan pengamatan dan wawancara dengan informan.  Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Interaktif (Interaktive Model Of  Analisis), yang meliputi kegiatan Kondensasi data,  penyajian data dan  penyimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan  bahwa penerapan  Good Governance dalam pelayanan e_ktp pada Kantor Kecamatan Samarinda Ilir adalah dengan peningkatan akuntabilitas, transparansi dalam rangkap arti sipasi dalam rangka penekan hukum untuk peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan. Adapunfaktor yang menghambat masih adanya perangkat Kecamatan yang belum terampil dalam menggunakan computer sehingga pelayanan masyarakat kadang terhambat serta disiplinnya aparat atau petugas kecamatan dalam memberikan pelayanan umum. Sedangkan faktor yang mendukung tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) disamping adanya komitmen dari pemerintah yang diwujudkan dalam keputusan kebijakan publik juga adanya desakan dari masyarakatluas.

 


Keywords


Implementation of Good Governance, Services

Full Text:

PDF

References


Winarno, Budi, 1989, Teori Kebijaksanaan Publik, Pusat Antar Universitas Studi Sosial, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Dokumen-Dokumen :

Undang-UndangDasar 1945

Undang-undangRepublik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang pelayana npublik.

Undang-UndangNomor 40 Tahun 2004tentangSistemJaminanSosialNasional

Undang-UndangNomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan

Perwali No.20 Th.2012 Ttg Jamkesda.Tentang penyelenggaraan jaminan kesehatan daerah kota Samarinda.

Kepmenkes Nomor 129 Tahun 2008. Tentang standar pelayanan minimal rumah sakit

Kamus Besar Indonesia. 2002. Balai Pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v1i2.6089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id