Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Pada Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kutai Barat

Purna Mardiani

Abstract


Influence of Leadership Behavior on the Quality of Government Apparatus Services at the Office of Women Empowerment and Family Planning (KB) of West Kutai Regency. This research aims to find out whether leadership behavior has a positive influence on the quality of service at the Office of Women Empowerment and Family Planning (KB) of West Kutai Regency. The results showed that there was a positive and significant relationship between leadership behavior variables and service quality variables at the Office of Women Empowerment and Family Planning (KB) of West Kutai Regency.  This can be known from the results of statistical tests where the correlation coefficient (r) is 0.775 which means there is a strong and positive relationship between the two variables. Meanwhile, the results of the t test (t-test) showed that the empirical t produced was 4,284.  This result when compared to the table of critical prices t for n – 2 is 1.721.  This means that there is a significant influence between the variables of leadership behavior on the quality-of-service variables.  Thus, it can also be said that the purpose of this research can be achieved, problems can be solved, and hypotheses can be proven.


Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Pada Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perilaku kepemimpinan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kualitas pelayanan  pada  Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Kutai Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel perilaku kepemimpinan dengan variabel kualitas pelayanan  pada  Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Kutai Barat.  Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,775 yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan positif diantara kedua variabel. Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar  4,284.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,721.  Ini berarti terdapat pengaruh yg signifikan antara variabel perilaku kepemimpinan terhadap variabel kualitas pelayanan.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.


Keywords


Leadership behavior and quality of service.

Full Text:

PDF

References


Adam Ibrahim Indrawijaya. 1983. Psycologi Organisasi. Sinar Baru, Bandung.

Agus Akhyari. 1982. Management Produksi. Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Astrid S. Susanto. 1977. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Bina Cipta, Jakarta.

Arifin Abdurrachman. 1979. Pokok-Pokok Management Umum. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta.

Bintoro Tjokroamidjojo. 1986. Pengantar Administrasi Pembangunan. LP3ES, Jakarta.

Collier. 1994. Managing The Skills Gap. Terjemahan : Bambang S, Confederation of British Industry, London.

Dann Suganda. 1981. Kepemimpinan Dalam Organisasi dan Management. Sinar Baru, Jakarta.

Edgar H Schein. 1983. Psychologi Organisasi. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

H. Siagian. 1977. Management Suatu Pengantar. Alumni, Bandung.

J. Supranto. 1980. Metodologi Riset dan Aplikasi Di Dalam Riset Pemasaran, Fekon UI, Jakarta.

Kartini Kartono. 1980. Metodologi Research Sosial. Alumni, Bandung.

Kartini Kartono. 1991. Psikologi Sosial Untuk Manajemen. Rajawali Press, Jakarta.

K.M. Evans. 1981. Merencanakan Penelitian Dalam Pendidikan. Diterjemahkan Oleh : Arief, Bina Ilmu, surabaya.

Koentjaraningrat. 1975. Metode Penelitian Masyarakat Mengenai masalah Perencanaan, LIPI, Jakarta.

Koentjaraningrat. 1982. Metodologi Penelitian Masyarakat. LIPI, Jakarta.

Komaruddin. 1984. Kamus Riset. Angkasa, Bandung.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 1984. Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta.

Mohammad Ali. 1984. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa, Bandung.

Moh. Nazir. 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

M. Karyadi. 1981. Kepemimpinan (Leadership). Karya Nusantara, Bandung.

Newcomb & Ralph H. Turner. 1978. Social Psychology. Diterjemahkan Oleh : Joesoef Noesyirwan, dkk. Diponegoro, Jakarta.

Onong Uchjana Effendi. 1977. Kepemimpinan dan Komunikasi. Alumni, Bandung.

Panglaykim dan Hazil. 1975. Management Suatu Pengantar. PT. Pembangunan, Jakarta.

Suwarno Handayaningrat. 1982. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.

R. Agustoha Kuswata. 1985. Manajemen Pembangunan Desa. Grafindo Utama, Jakarta.

Sarwoto. 1983. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Soerjono Soekanto. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali, Jakarta.

S. Prajudi Atmosudirdjo. 1978. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan. Gramedia, Jakarta.

Sondang P. Siagian. 1983. Management Dalam Pemerintahan. Yayasan Penerbit Administrasi, Jakarta.

Sugiyanti. 1999. Strategi Pelayanan Prima. Lembaga Administrasi Negara Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2000. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research 2. Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Usman Tampubolon. 1979. Majalah Ilmiah Populer Administrasi. Malang.

Usman Tampubolon. 1974. Diktat Analisa Administrasi. Selaputda Depdagri, Yogyakarta.

Vincent Gaspersz. 1997. Manajemen Bisnis Total Dalam Era Globalisasi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

W.A. Gerungan. 1978. Psychologi Sosial. Errasco, Jakarta – Bandung.

Winardi. 1977. Azas-Azas Manajemen. Alumni, Bandung.

Winarno Surachmad. 1975. Dasar-Dasar Teknik Research Pengantar Metodologi Ilmiah. Tarsito, Bandung.

Winarno Surachmad. 1978. Pengantar Metodologi Ilmiah. Tarsito, Bandung.

W.J.S. Poerwadarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN. Balai Pustaka, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v1i3.6098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id