Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat (Studi Kantor Kelurahan Bandara Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda)

Rachmat Hidayat

Abstract


Sungai Pinang District Airport Village as the area device carrying out the tasks of the ministry that includes 4 (four) field which consists of the Government, the field of development and areas of society. Public Services are the focus of the study discipline of public administration in Indonesia is still a problem that need to gain attention and a comprehensive solution where the various demands of public services as a sign of community daily dissatisfaction.  Services is one of the cornerstones of the efforts of the customer satisfaction and is a necessity which it must be optimized either by individual or organization that provides services. the purpose of this study was to determine and analyze the work ability well as an inhibiting factor and supporting factors. The results showed that the quality of work discipline government officials sufficient can provide effective services to the community, so that every community who need services can be easily serviced. The process of services in general are in accordance with the expectations of society, but sometimes the service still lacking because of factors which are not unexpected. The sense of justice given by Neighborhoods Bandara undifferentiated over status and economic level, but who apply first will be the first to be served.


Desa Bandara Kecamatan Sungai Pinang sebagai perangkat daerah melaksanakan tugas kementerian yang meliputi 4 (empat) bidang yang terdiri dari Pemerintah, bidang pembangunan dan bidang masyarakat. Pelayanan Publik yang menjadi fokus studi disiplin administrasi publik di Indonesia masih menjadi masalah yang perlu mendapatkan perhatian dan solusi komprehensif dimana berbagai tuntutan pelayanan publik sebagai tanda ketidakpuasan masyarakat sehari-hari.  Layanan adalah salah satu landasan upaya kepuasan pelanggan dan merupakan suatu keharusan yang harus dioptimalkan baik oleh individu atau organisasi yang menyediakan layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan menganalisis kemampuan kerja dengan baik sebagai faktor penghambat dan faktor pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kerja disiplin pejabat pemerintah yang memadai dapat memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat, sehingga setiap masyarakat yang membutuhkan pelayanan dapat dengan mudah dilayani. Proses pelayanan secara umum sudah sesuai dengan harapan masyarakat, namun terkadang pelayanan masih kurang karena faktor yang tidak terduga. Rasa keadilan yang diberikan oleh Lingkungan Bandara tidak terdiferensiasi atas status dan tingkat ekonomi, tetapi yang mendaftar pertama akan menjadi yang pertama dilayani.

 


Keywords


The Effectiveness, Administration Services

Full Text:

PDF

References


Achmat Batinggi. 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good Governace Melayani Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyanto, Agus. 2001. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta. Gajah Mada

Hardiyabsyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

J.S. Badudu, Sutan Mohammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2001).

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pelayanan Publik

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pelayanan Publik

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Maleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.

Milles, Matthew B & A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia IV-Press.

Moekijat. Kamus Kepegawaian. Bandung, 1984.

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Negara. Penerbit Alfabet, Bandung.

P. Siagian, Sondang. 2003. Filsafat Administrasi. Bumi Aksara, Jakarta.

Rose, Adhitya D. 2011. Studi Tentang Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.

Silalahi, Ulbert. 2003. Studi Tentang Ilmu Administrasi, Konsep, Teori, dan Dimensi, Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sinambela, Dr. Lijan Poltak, M.M., M.Pd., dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. 2008. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Widjaya, A. W. 2002. Pemerintah Desa dan Administrasi Desa Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 (Sebuah Tinjauwan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yenny dan Peter Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Sinar Grafika, Jakarta. 1991.

Dokumen-dokumen :

Anonim, Undang-Undang Dasar 1945. Penerbit Karya Utama, Surabaya 2004.

............., Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974.Tentang Otonomi Daerah, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta 1980.

............., Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999. Tentang Otonomi Daerah, Penerbit Sinar Grafika Offset, Jakarta 1999.

............., Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999. Pokok-Pokok Kepegawaian, Sinar Grafika, 2003.

............., Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. Tentang Pemerintahan Daerah, Penerbit Citra Utara, Bandung 2004.

............., Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka, 2007.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2005. Tentang Kelurahan




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v2i1.6102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id