Dampak Pemekaran Kelurahan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pada Kantor Kelurahan Rapak Dalam Kota Samarinda

Puspita Sri Dewi

Abstract


This research aims to know whether there is the real difference at service administration before and after expantion Kelurahan on Kelurahan Rapak Dalam office, Samarinda City. In this research, the writer uses the compare means using t-tests (paired sample t-test), who used to compare the average of two variables in one group. The result of research shows that there is the real difference in the service administration before and after the expantion Kelurahan on Kelurahan Rapak Dalam , Samarinda City, in the sense that such difference showed that the service administration having an increase in before and after expantion Kelurahan.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang nyata pada pelayanan administrasi sebelum dan sesudah pemekaran Kelurahan Pada Kelurahan Rapak Dalam Kota Samarinda. Pada penelitian ini penulis menggunakan analisis compare means uji t-statistik (paired sample t-test), yang digunakan untuk membandingkan rata-rata dua variabel dalam satu group. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang nyata pada pelayanan administrasi sebelum dan sesudah adanya pemekaran kelurahan pada Kelurahan Rapak Dalam Kota Samarinda, dalam arti bahwa perbedaan tersebut menunjukan bahwa pelayanan administrasi sebelum dan sesudah pemekaran kelurahan mengalami peningkatan.

 


Keywords


Expantion Kelurahan, Service Administration

Full Text:

PDF

References


Thomas Bustomi. Akankah Pemekaran Daerah Melahirkan Strong Government yang diikuti Prakarsa Otonomi Desa, Edisi No.139 April 2009

Fajri, Em Zul. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Difa Publisher

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Adminstrasi (Cetakan ke-21). Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v2i1.6107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id