Profesionalisme Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Samarinda Ilir
Abstract
The purpose of this research is to find out the professionalism of the Apparatus in carrying out public services at the Samarinda Ilir Office. This research uses qualitative descriptive methods, which are directed to provide symptoms, facts, or events systematically and accurately about the properties of the research and analyze the truth based on the data obtained. Data collection techniques using and interview and observation techniques. The discussion is analyzed through the results of the interview and uses interpretation. The informants in this study numbered 5 people, of which all informants were leaders in Samarinda Ilir District. Sampling Techniques in this study by purposive sampling, using one informant as a key informant, namely The District Samarinda Ilir and 4 informants, namely the Head of the Public Service Section, the Head of the Order Section, the Head of the Government Section, and the Head of the Economic Section. The focus of research or indicators in this thesis is, Creativity, Responsiveness, Innovation, equitable fairness, Punctuality, Openness. The results showed that professionalism has a significant role in public service.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui profesionalisme Aparatur dalam melaksanakan pelayanan Publik di Kantor Camat Samarinda Ilir. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, yaitu penelitian yang di arahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat penelitian serta menganalisis kebenaran berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dan teknik wawancara dan observasi. pembahasannya di analisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interpretasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, dimana semua informan merupakan pimpinan di Kecamatan Samarinda Ilir. Teknik Pengambilan Sampel dalam penelitian ini dengan cara purposive Sampling, menggunakan satu orang Informan sebagai informan kunci yaitu Camat Kecamatan Samarinda Ilir dan 4 orang informan yaitu Kepala Seksi pelayanan Umum , Kepala Seksi Tata tertib, Kepala Seksi Pemerintahan dan Kepala Seksi Ekonomi. Fokus penelitian atau indikator-indikator dalam skripsi ini yaitu, Kreativitas, Responsif, Inovasi, keadilan yang merata, Ketepatan waktu, Keterbukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme memiliki peranan yang cukup signifikan dalam pelayanan publik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.
Dessler, Gary, 2003. Sumber Daya Manusia Penerbit PT. Intan Sejati, Klaten.
Cahayati, Ati, 2005 Strategi Dan kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Ikrar Mandiri Abadi, Jakarta.
Handayaningrat,S, 1998. Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional, Penerbit CV. Haji Masagung, Jakarta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Balai Pustaka. Jakarta.
Brannen, Julia, 1997. Memdu Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Penerbit Pustaka pelajar , Yokyakarta
Dessler,Gary, 2003, Sumber Daya Manusia, Penerbit PT. Intan Sejati, Klaten
Frederickson, G, 1988. Administrasi Negara Baru. LP3ES, Jakarta
Handayaningrat, S, 1988. Administrasi pemerintahan Dalam pembangunan Nasional, Penerbit CV. Haji Masagung, Jakarta
Kumorotomo, Wahyudi, 2005, Etika Administrasi Negara. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v2i1.6108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan
Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id