Peranan Kinerja Pengelolaan Obyek Wisata “Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda” Sebagai Pelayanan Kepada Publik

Meirinda Rizqi

Abstract


Primary data was obtained by providing questionnaires to respondents who had been determined as many as 17 people as random samples to employees, to assess the performance of managing employees by partners, and visitors to the Botanical Garden Attractions of Mulawarman University Samarinda were also given random questions. In the questionnaire are made several questions where each answer is made in such a way that there are only three answers namely A for Good performance, B Moderate performance, and C performance Less, then each answer is totaled and presented. The potential of this tourist attraction serves for recreation, education, research and conservation of flora and fauna located within samarinda city and easily reached from other cities. The performance of employees of the botanical garden management of Mulawarman University Samarinda, based on the number of question answers, the performance includes medium category, but according to M. Darwis  (Fitria, 2005: 1) the category is still low because the value is only 43% or not reaching 55%. Performance Assessment by Partners on the manager of Botanical Garden Attractions Mulawarman University Samarinda is quite good, namely medium category with a value of 57%, this is because they can try calmly and get a decent profit. Performance assessment by Visitors to the manager of Botanical Garden Attractions Mulawarman University Samarinda based on the number of question answers then the performance includes medium category which is 38%. But because it does not reach 55%, then the category is still lacking. This is due to the many facilities and infrastructure that are less pleasing such as zoos, garbage cleanliness, and lack of game rides.

Data primer diperoleh dengan memberikan angket kepada responden yang telah ditentukan sebanyak 17 orang sebagai sampel secara random kepada Karyawan,  Untuk menilai kinerja karyawan pengelola oleh  Mitra kerja, dan Pengunjung Obyek Wisata Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda juga diberikan angket pertanyaan secara random. Dalam angket dibuatkan beberapa pertanyaan di mana setiap jawaban di buat sedemikian rupa sehingga hanya ada tiga jawaban yaitu A untuk kinerja Baik, B kinerja Sedang, dan C kinerja Kurang, Kemudian setiap jawaban di total dan di presentasikan. Potensi Obyek Wisata ini berfungsi untuk rekreasi, pendidikan, penelitian dan konservasi flora dan fauna yang terletak di dalam Kota Samarinda dan mudah dijangkau dari kota-kota lain. Kinerja karyawan pengelola obyek wisata Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda, berdasarkan jumlah jawaban pertanyaan maka Kinerjanya termasuk katagori Sedang, namun menurut M. Darwis (Fitria, 2005:1) katagorinya masih rendah karena nilainya hanya 43% atau tidak mencapai 55%. Penilaian Kinerja oleh Mitra Kerja terhadap pengelola Obyek Wisata Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda cukup baik yaitu katagori Sedang dengan nilai 57%, ini dikarenakan mereka dapat berusaha dengan tenang dan mendapat keuntungan yang lumayan. Penilaian kinerja oleh Pengunjung terhadap pengelola Obyek Wisata Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda berdasarkan jumlah jawaban pertanyaan maka Kinerjanya termasuk katagori Sedang yaitu nilainya 38%. Namun karena tidak mencapai 55%, maka katagorinya masih kurang. Hal ini dikarenakan banyaknya sarana dan prasarana yang kurang berkenan misalnya Kebun Binatang, Kebersihan sampah, dan kurangnya wahana permainan.


Keywords


Performance, Public Service

Full Text:

PDF

References


Anonim. 1988. Pariwisata Nusantara Indonesia. Direktorat Jendral Pariwisata. Jakarta

Anonim 1989. Sapta Pesona. Dinas pariwisata Seni dan Budaya Kalimantan Timur

Anonim. 2003. Bahan Kuliah Pengelolaan Kawasan Konservasi. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda.

Davis, Keith dan John W. Newstroom. 1966. Perilaku dalam organisasi

Fitria, , 2005, Materi Analisi Rata-rata Hitung, (Mas.Bied.Com)

Kodhyat.H, 1966, Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia, Grasindo, Indonesia.

Lupiyoadi,Rambat,2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Ndraha, Taliziduhu. 1997. Metode ilmu Pemerintahan, Rineka Cipta Jakarta.

Robbins, P Stephen, Handayana Pujaatmaka (Penterjemah). 2001 Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Sujana, 2005. Metode statistic. Bandung: ALFABET

Suwantoro, G. 1997. Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit ANDI. Yogyakarta, jilid 1 dan 2, Penerjemahan Agus Dharma, Erlangga, Jakarta

Tasa, Ridwan..2005, Kebun Raya Unmul Samarinda sebagai kawasan wisata dan seni budaya.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v2i1.6110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id