Hubungan Antara Disiplin Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur

Sahida Ismail, Suhardiman Suhardiman, Jamil Bazarah

Abstract


This research aims to find out whether Work Discipline has a positive relationship with the Quality of Employee Services in the Population and Civil Registry Office of East Kutai Regency. The results showed that there was a positive and significant relationship between the Work Discipline variable and the Employee Service Quality variable in the Population and Civil Registry Office of East Kutai Regency. This can be known from the results of statistical tests where the correlation coefficient (r) is 0.587 which means there is a moderate and positive relationship between the two variables. Meanwhile, the results of the t test (t-test) showed that the empirical t produced was 4,183.  This result when compared to the table of critical prices t for n – 2 is 1.734.  This means that there is a significant relationship between the variables of Work Discipline to the Quality of Employee Service.  Thus, it can also be said that the purpose of this research can be achieved, problems can be solved and hypotheses can be proven.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Disiplin Kerja mempunyai hubungan  yang positif terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai  Pada  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Disiplin Kerja dengan variabel Kualitas Pelayanan Pegawai  Pada  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,587 yang berarti terdapat hubungan yang sedang dan positif diantara kedua variabel. Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar  4,183.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,734.  Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Disiplin Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.

Keywords


Disiplin kerja dan Kualitas Pelayanan Pegawai

Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisemito. 1986. Management Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Alfred R. Lateiner. 1984. Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja, Aksara Baru, Jakarta.

A.S. Moenir. 1985. Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian, PT. Gunung Agung, Jakarta.

Gaspersz, Vincent. 2001. Total Quality Management (TQM), Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

H. Siagian. 1985. Management Suatu Pengantar, Alumni, Bandung.

James Menzies Black. 1984. Management dan Supervisor, PT. Pustaka Binaman, Jakarta.

J. Vredenbreght. 1984. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, PT. Gramedia, Jakarta.

Koentjaraningrat. 1982. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, PT. Gramedia, Jakarta.

Komaruddin. 1984. Kamus Riset, Angkasa, Bandung.

Kartini Kartono. 1984. Pengantar Metodologi Research, Alumni, Bandung.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA-LAN Press

Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi. 1985. Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta.

Moenir , H.A.S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta : Bumi Aksara

Mukijat, 1987. Managemen Kepegawaian/Personel Management. Jakarta: Alumni.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Ndraha, Taliziduhu. 1997. Metodologi Ilmu Pemerintahan, Jakarta : Rineka Cipta.

Ndraha, Taliziduhu, 1997. Budaya Organisasi, Jakarta : Rineka Cipta.

Ndraha, Taliziduhu, 1999. Teori Budaya Organisasi, Jakarta : BKU Ilmu Pemerintahan Kerjasama IIP-Unpad.

Ndraha, Taliziduhu, 2000. Ilmu Pemerintahan (kybernology), Rineka Cipta, Jakarta.

Ndraha, Taliziduhu, 2003. Kybernology (ilmu Pemerintahan Baru), Jilid 1 dan 2, Rineka Cipta, Jakarta.

Osborne, David dan Ted Gaebler, 1996. Mewirausahakan Birokrasi, Penerjemah Abdul Rasyid, Pustaka Binaman Presindo, Jakarta.

Panglaykim dan Hazil Tanzil. 1985. Management Suatu Pengantar, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Pariata Westra. 1984. Ensiklopedi Administrasi, PT. Gunung Agung, Jakarta.

Saefullah, A. Djadja. 1999. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, Dalam Jurnal Publik Volume Nomor 1, Bandung : UNPAD.

Soerjono Soekanto. 1984. Sosiologi Suatu Pengantar, PT. Gunung Agung, Jakarta.

Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research, Jilid I, Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Sutrisno Hadi. 1987. Metodologi Research, Jilid II, Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Sondang P. Siagian. 1985. Peranan Staf Dalam Management, PT. Gunung Agung, Jakarta.

Soekarno K. 1984. Dasar-Dasar Management, Penerbit Miswar, Jakarta.

Soewarno Handayaningrat. 1984. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Management, PT. Gunung Agung, Jakarta.

Sudjana. 1986. Metode Statistik, Tarsito, Bandung.

Sidney Siegel. 1985. Statistik Non Parametrik, PT. Gramedia, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi.

Winarno Surachmad. 1984. Dasar-Dasar dan Teknik Research, Tarsito, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v2i2.6117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id