Peran Dinas Sosial Dalam Penyaluran Bantuan Langsung Tunai di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser

Siti Nur Afni, Jamiah Jamiah, Raudah Mahmud

Abstract


The purpose of this study is to find out the role of the Social Service in distributing Cash Transfer in Tanah Grogot Sub-District, Paser Regency, to find out what are the inhibiting factors and supporting factors in the distribution of Cash Transfer in Tanah Grogot Sub-District, Paser Regency. The research method used is descriptive qualitative. The types of data used include primary data and secondary data, while the data sources are taken from informants, including the Head of the Division of Social Protection and Security and Staff of the Social Service and Neighborhood Associations. The technique of data collection is done by interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is an interactive model developed by Miles and Huberman. The results of the study indicate that, judging from the Punctuality, the distribution of Cash Transfer is going on well with the time used for four months with three months of funds being disbursed three times. The cost determination given is quite good with a fund of 1,800,000.00 in which every month gets 600,000.00 for three times. The recruitment decision is being carry out properly by the Social Service in selecting prospective recipients of Cash Transfer in accordance with the terms and conditions that have been set before. The mechanism carried out is quite good in accordance with the sequence starting from issuing the decree to the approval of the list. The responsiveness carried out by the Social Service is going on well by informing the public of the existence of Cash Transfer. The inhibiting factor in the distribution Cash Transfer can be seen from the limited time given, which is only a week. A supporting factor in the distribution of Cash Transfer is the assistance from Bank Rakyat Indonesia to facilitate the process of disbursing the aid fund.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Sosial dalam penyaluran bantuan langsung tunai di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penyaluran bantuan langsung tunai di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Metode penelitian yang dilakukan termasuk deksriptif Kualitatif. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, sedangkan sumber data yang diambil dari informan, di antaranya yaitu Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial dan Kepegawaian Dinas Sosial dan Rukun Tetangga. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dilihat dari Ketetapan Waktu dalam melakukan penyaluran bantuan langsung tunai sudah baik dengan waktu yang digunakan selama empat bulan dengan tiga bulan dana yang di cairkan selama tiga kali. Ketetapan biaya yang diberikan sudah cukup baik dengan dana sebesar 1.800.000,00 yang setiap bulan nya mendapatkan 600.000,00 selama tiga kali. Ketetapan rekruitmen sudah dilakukan dengan baik oleh Dinas Sosial memilih calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Mekanisme yang dilakukan sudah cukup baik sesuai dengan urutannya mulai dari menerbitkan SK hingga pengesahan dafatar. Responsivness (daya tanggap) yang dilakukan oleh Dinas Sosial sudah baik dalam menginformasikan adanyan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat. Faktor penghambat dalam penyaluran bantuan langsung tunai ini dapat dilihat dari keterbatasan waktu yang diberikan hanya satu minggu. Faktor pendukung dalam penyaluran bantuan langsung tunai ini ialah adanya bantuan dari Bank Rakyat Indonesia untuk mempermudah proses pencairan dana bantuan.


Keywords


Role of Social Service, Distribution, Cash Tranfer

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Mulat Wigati. 2008. Sosiologi. Jakarta: Grasindo.

Moleong. J. Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharto, Edi. 2009. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Sumarto, Mulyadi. 2018. Perlindungan Sosial dan Klientelisme : Makna Politik Bantuan Tunai Dalam Pemilihan Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Thoha, Miftah. 2005. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thoha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Veithzal, Rivai, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Peraturan Perundang-Undangan :

Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penanggulangan Covid-19

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

Sumber Internet :

https://www.bappenas.go.id/files/3415/9549/4158/Buku_Saku_Pendataan_BLT-Dana_Desa_FINAL.pdf




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v2i3.6130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id