Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Palaran Kota Samarinda
Rinda Rara Restu, Diana Diana
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Kinerja Pegawai dengan variabel Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana Koefisien regresi X sebesar 0,714 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai kualitas pelayanan maka nilai kinerja pegawai bertambah sebesar 0,714. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan arah pengaruh variabel kinerja pegawai (X) terhadap variabel kualitas pelayanan (Y) adalah positif. Sementara itu berdasarkan tabel Coefficients yang merupakan output dari Uji Regresi Linear Sederhana dapat diambil keputusan bahwa, dari tabel Coefficientsa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis (H1) dalam penelitian ini dapat dibuktikan kebenarannya. Kemudian berdasarkan nilai t hitung maka dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 5,795 > t tabel sebesar 2.04523 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja pegawai (X) berpengaruh terhadap variabel kualitas pelayanan (Y).
Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan
Department Public Administration Faculty of Social and Political Siences Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124) Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244 E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id