Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Kinerja Pelayanan Pada Kantor Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda

Jamiah Jamiah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa keluhan masyarakat mengenai tidak efektivnya pelayanan yang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya- upaya dalam mereformasi Birokrasi  pada Kantor Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, pengaruh  reformasi  birokrasi  kinerja  pelayanan  pada kantor Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebesar 40 orang. Sedangkan analisisnya menggunakan statistik regresi sederhana. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa upaya- upaya mereformasi Birokrasi pada Kantor Kelurahan Air Putih Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda dalam melaksanakan tugas pokok dan Fungsinya Walikota Samarinda no.18 tahun 2007 pada Kantor Kelurahan Air Putih  Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda yang berpedoman pada Peraturan Walikota Samarinda No.18 tahun 2007 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Kantor Kecamatan Samarinda ulu Kota Samarinda. Ada  pengaruh  yang  signifikan  antara  reformasi  birokrasi  terhadap  kinerja  pelayanan Kelurahan.Artinya   bahwa reformasi birokrasi dapat dijadikan sebagai dasar untuk memprediksi terhadap  kinerja pelayanan pada Kantor Kelurahan Air Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda,  Kontribusi yang  diberikan  oleh  variabel  reformasi  birokrasi  terhadap  kinerja  pelayanan  sebesar 33,20%, sedangkan sisanya 66,80% merupakan variabel-variabel yang tidak terprediksi dalam penelitian ini.

Keywords


Reformasi Birokrasi; Kinerja Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Albrow, Martin, 2005, Birokrasi (terj.), Yogyakarta: Tiara Wacana, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Ashari, Edy Topo, 2010, Reformasi Birokrasi Badan Kepegawaian Negara: Rencana Dan Strategi Implementasi, Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS VOL. 4, No.1, Juni 2010.

Beetham, D. 1990. Birokrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Benveniste, G. 1991. Birokrasi. Jakarta. Rajawali.

Bertens, K (2001), Etika. Seri Filsafat Atmajaya, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Blau, M.P. dan Meyer, M.W. 2000. Birokrasi dalam Masyarakat Modern. Jakarta. Prestasi Pustakaraya

Blau, Peter M, 2000, Bureaucracy in Modern Society (terj), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Dwiyanto, Agus. dkk., 2001. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Laporan Penelitian, Kerjasama Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada dan Ford Foundation., Yogyakarta.

Dwiyanto, Agus. dkk., 2006. Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia ,Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Dwiyanto, Agus. dkk., 2008. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Cet. III, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Erwan Agus Purwanto, 2009. Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik: Kajian tentang pelaksanaan pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia. Gava Media, JIAN-UGM, MAP-UGM, Yogyakarta.

Hadi, Sutrisno.2001. Metodologi Research. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Hasibuan S.P Malayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Mahmudi. 2005. Manajemen kinerja sektor publik. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Mahsun, Mohamad.2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Evaluasi Kinerja. PT. Refika Aditama. Bandung.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publ. Alfabeta, Bandung.

Prasojo, Eko, Nugroho, Asad, Hardjapamekas, Nursahid, Fajar, 2006, Mengurai benang Kusut Birokrasi, Piramedia, Jakarta.

Prasojo, Eko dan Kurniawan, 2008, Reformasi dan Good Governance: Kasus Best Practices dari sejumlah Daerah di Indonesia, Jurnal Antropologi Indonesia, Internasional Simposium, Banjarmasin, 22-25 Juli 2008.

Siagian, Sondang P.2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerj. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 2002. Teori Pengembangan Organisasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Siegel, Sidney. 1988. Statistik Non Paramentrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. PT.Gramnedia, Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara, Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 2000. Metode Penelitian Survei. Yogyakarta: LP3ES.

Sugiyono.2003. Metode Penelitian Administratif. CV. Alfabeta. Bandung.

Suprapto. 2002. Standarisasi Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Menuju Era Global. Pusat Penelitian dan Pengenbangan BKN. Jakarta.

Thoha, M. 2002. Birokrasi dan Politik di Indonesia. Rajawali Pers, Jakarta.

Thoha, M. 2004. Birokrasi Politik di Indonesia, PT. RajaGrafindo Persada Jakarta.

Tjokrowinoto, dkk, 2001. Birokrasi dalam Polemik, Pustaka Pelajar, Unismuh, Malang.

Tjokrowinoto, dkk, 2004, Birokrasi Dalam Polemik , Pusataka Pelajar, Malang.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v21i3.6686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id