Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Desa Wisata Pelang Kabupaten Tuban

Rini Kusumawati, Supri Hartono, Dida Rahmadanik

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu buat mengetahui serta mengamati proses Collaborative Governance dalam pengelolaan desa wisata Pelang di Desa Tahulu, Kabupaten Tuban. Penelitian ini mempunyai pentingan karena keberhasilan kerja sama antara para pemangku kepentingan bisa mencerminkan kesiapan dalam mengalami permasalahan yang terdapat di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori Collaborative Governance yang dikembangkan oleh Balogh( 2012). Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan dokumentasi, observasi, serta wawancara terstruktur sebagai metode pengumpulan data terhadap 3 orang key informan, ialah Kepala Bidang Pariwisata, Staff Bank Jatim, serta Ketua Kelompok Sadar Wisata( Pokdarwis). Hasil penelitian menampilkan kalau proses Collaborative Governance dalam pengelolaan desa wisata Pelang di Desa Tahulu, Kabupaten Tuban sudah berjalan secara maksimal. Perihal ini terlihat dari sebagian aspek collaborative governance menurut Balogh, ialah dinamika kolaborasi( komunikasi, kepercayaan, komitmen, serta sumber daya), tindakan- tindakan kolaborasi( memfasilitasi serta memajukan proses kolaborasi), dan dampak serta adaptasi dari proses kolaborasi( dampak sosial).

Keywords


Collaborative Governance, Pengelolaan Desa Wisata, Stakeholder

Full Text:

PDF

References


A.Michael Huberman, dan M. B. M. (2014). Analisis data Kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. UI Pres.

Agranoff, R., and M. M. (2003). Collaborative Public Management: New strategies for local governments. Georgetown University Press.

Asarani, N. (2019). Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan. Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan, 53(9), 1689–1699.

Donahue, J. dan Z. (2011). Collaborative Governance. Princeton New Jersey. (e-book): Princeton University Press.

Emerson, Nabatchi, dan B. (2012). (2012). Integrative Framework For Collaborative Governance. Journal of Public Administration Reseach and Theory, 22(1).

Saputra, D. (2020). Tatakelola Kolaborasi Pengembangan Kampong Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13, 88.

Sedarmayanti. (2014). Manajemen StrategI. PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Yogi. (2014). Analisis Peran Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam pengembangan Objek Wisata Danau Raja di Kabupaten Indragiri Hulu. In Repository Uin Suska Riau, 39(1).




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v22i2.7117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id