Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Tanjung Perak

Haris Fauzan Almuzavar, Radjikan Radjikan, Supri Hartono

Abstract


Peneliti ini bertujuan mengetahui kinerja pegawai pada pelayanan administrasi kependudukan dan memperoleh faktor internal dan eksternal kinerja Kelurahan Tanjung Perak. Metode penelitian yang penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Aparatur Kelurahan Tanjung Perak, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya. Jawa Timur. Teori pada penelitian ini yaitu teori kinerja yang menggunakan lima indikator yaitu: Kualitas, Kuantitas,kerja sama, inisiatif,tanggung jawab. Peneliti mengumpulkan data menggunakan lima informan yaitu : Lurah Tanjung Perak, Kasie Pemerintahan dan tiga orang Masyarakat Kelurahan Tanjung Perak.  Dari hasil analisis ini kinerja pegawai kelurahan pada bidang administrasi kependudukan di Kelurahan Tanjung Perak telah memberikan pelayanan kepada masyarakat telah berjalan dengan lanacar. Tetapi muncul kendala dari masyarakat maupun dari pegawai kelurahan ialah pemohon tidak melengkapi persyaratan untuk mungurus administrasi kepependukan, serta adanya pegawai yang tidak bisa mengoperasionalkan komputer untuk menginput pelayanan administrasi kepependukan.

Keywords


Kinerja, Pelayanan, Kelurahan

Full Text:

PDF

References


Amelia, Diana. 2021. “Evaluasi Kinerja Pegawai Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Dalam Perspektif Good Governance Di Kantor Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.”

Cookson, Maria Dimova, and Peter M.R. Stirk. 2017. “Hubungan Baik Antara Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Konsumen Pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara Cabang Berastagi.” Davis dalam Mangkunegara (2017:67): 8–29.

Hartono, Asep Rudi, and Maya Setiawardani. 2017. “Pengaruh Evaluasi Kinerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan.” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi 3(1): 73.

Manajemen, Jurnal. 2022. “Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis.” 2(1): 55–62. Nursam, Nasrullah. 2017. “Manajemen Kinerja.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 2(2): 167–75.

Suhartato Abdul Majid dan Eko Probo D. Warpani. 2009. Rajawali Pers.

Yayat, Rukayat. 2017. “Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping.” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) (2): 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v22i2.7119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id