Analisis Kualitas Pelayananan Publik Pada Kantor Kelurahan Karang Ambun Kabupaten Berau

Laela Putri Alimatus Syadiyah, Sumarni Sumarni, Ahmad Jubaidi, Futum Hubaib

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Karang Ambun Kabupaten Berau. Dalam memperoleh data informan yang terkait terdiri dari 6 orang yaitu, Lurah, Kepala Seksi Pelayanan Umum, Kepala Seksi Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Sosial, Masyarakat (3 orang). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa Kelurahan Karang sudah menerapkan beberapa indikator yang terdiri dari kesederhanaan, kejelasan, keamanan, keterbukaan, dan ketepatan waktu. Berdasarkan indikator tersebut didapatkan bahwa Kelurahan Karang Ambun sudah mampu menerapkan beberapa indikator tersebut seperti kesederhanaan, keamanan, dan ketepatan waktu. Hal ini dibuktikan masyarakat tidak mengelukan 3 indikator tersebut. Namun masih ada masyarakat yang mengeluhkan indikator kejelasan dan keterbukaan Kelurahan Karang Ambun dikarenakannya tidak adanya penjelasan secara lisan mengenai syarat, prosedur, dan biaya pelayanan. Walaupun sudah tersedia papan informasi yang memuat hal tersebut namun penempatannya cukup sulit dibaca oleh masyarakat.

Keywords


Analisis, Kualitas, Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

References


Andi Riyanto. (2018). Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelanggan, 10–27.

Aprianto, T., & Fatah, A. (2021). Integrasi Servqual, Kano dan QFD dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Sekolah Tinggi XYZ. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(2), 131–144.

Drs. Tjetjep Samsuri, M. P. (2003). Kajian Teori, Kerangka Konsep Dan Hipotesis dalam Penelitian. Kajian Teori, Kerangka Konsep Dan Hipotesis Dalam Penelitian, 1–7.

Dwimawanti, I. H. (2004). Kualitas Pelayanan Publik (Salah Satu Parameter Keberhasilan Otonomi Daerah). Dialogue JIAKP, Vol. 1 (1), 109–116.

Halimah, M. (2018). Konsep dan Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran. Administrasi Perkantoran, 1–43.

Hanisa, N., Jawab, T., & Sarana, K. (2021). Analisis Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai. 3(2), 8–20.

Mu’ti, A., Bernardianto, R. B., & Sion, H. (n.d.). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Kuala Jelai Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara. 4.

Novianto, E. (2018). Analisis Pelayanan Publik di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(2), 212–226.

Juliansyah, E. (2018). Analisis Kulaitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Bugis Kota Samarinda. Samarinda.

Kriswahyu, H. dkk. (2017). Standar Pelayanan Publik Sesuai UU No 25 Tahun 2009 Survei Ombudsman RI Disusun dengan semangat dedikasi. Ombudsman Republik Indonesia, 31.

Marande, Y. (2017). Kualiatas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, Vol 8(No 1), 34.

Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18.

Mohamad Saleh Gamal. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara. Ensains Jjournal, 2(2), 162–171.

Wilem, R. B. S., Kaunang, M., & Kaawoan, J. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Ranomut Kecamatan Paal Dua Kota Manado. Jurnal Eksekutif, 53(9), 1689–1699.

Marliani, L. (2018). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh, 5(4), 17–18.

Mohamad Saleh Gamal. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara. Ensains Jjournal, 2(2), 162–171.

Mu’ti, A., Bernardianto, R. B., & Sion, H. (n.d.). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Kuala Jelai Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara. 4.

Mudjia Rahardjo. (2018). Antara Konsep, Proposisi, Teori, Variabel dan Hipotesis dalam Penelitian. Metode Pembelajaran, 1–4.

Noreen Ferza Diza, Variza Aditya, L. (2021). Analisis Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota Kota Duma. 3(1), 28–37.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v22i2.7122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id