Analisis Pola Komunikasi Pegawai di Bidang Cipta Karya Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda

Muhammad Fadilah Nirvan, Hairunnisa Hairunnisa

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pola komunikasi pegawai di Bidang Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda. Subjek penelitian ini mempunyai kualitas karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk ditarik kesimpulan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik dan instrument penelitian, serta pengumpulan data untuk hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa pengamatan mendalam yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi pegawai di Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda menggunakan beberapa pola komunikasi yakni komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal. Pola komunikasi tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk mempermudah dalam hal menyelesaikan pekerjaan, namun tidak menutup kemungkinan pola komunikasi yang tidak sesuai dengan pelaksanaan tugas pada bidannya justru akan menimbulkan masalah. Sebab pada dasarnya pola komunikasi merupakan pola hubungan antar dua orang atau lebih dalam pengiriman dan penerimaan pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Keywords


Komunikasi, Pegawai, Pekerjaan

Full Text:

PDF

References


BUKU:

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers. 2018. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Bahri dan Syaiful. 2011. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Raneka Cipta

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori&Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Masmuh, Abdullah. 2010. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Milles, B. Mathew, A. Michael Huberman dan Johny Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis. Edisi Ketiga. Sage Publications, Inc.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Narwoko, J.Dwi dan Suyanto, Bagong (editor). 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan Edisi Ketiga. Jakarta: Prenada Media Group.

Pratminingsih, Sri Astuti. 2011. Komunikasi Bisnis (Edisi pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

West, Richard. Lynn H. Turner. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Wiryanto. 2004. Pengantar ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasavina.

JURNAL:

Astuti, Dwi Indah. 2022. Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kulaitas Pelayanan Di Kantor Kecamatan Long Itam Kabupaten Kutai Barat. Samarinda: Universitas Mulawarman. eJournal Ilmu Komunikasi. Volume 10, Nomor 2, Hlm, 52-66.

Ermita, E. 2012. Hubungan Antar Manusia dan Semangat Kerja Pegawai. Jurnal Pedagogi, Volume 12, Nomor 2, Hlm 70-81.

Ramadan, Bayu Rizky. 2021. Pola Komunikasi Karyawan Pada Masa Work From Homie. Bandung: University Telkom. Jurnal Digital Media & Relationship. Volume 3. Nomor 1, Hlm: 24- 29.

Rundengan, Nabella. 2013. Pola komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Papua di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Acta Diurna Volume 2, Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v22i2.7136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id